-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Cara Buka Mur Gear Belakang Motor Agar Tidak Slek



Cara Buka Mur Gear Belakang Motor Agar Tidak Slek


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai cara buka mur gear belakang motor agar tidak slek.


Gear belakang pada sepeda motor biasanya diikat menggunakan mur pada baut tanam yang terdapat pada nap gear.

Nap gear sendiri biasanya akan diletakan di roda atau velg dengan bantuan bantalan karet yang menopang nap gear agar ajeg berada pada velg.

Pada kurun waktu tertentu, gear belakang harus diganti, dan tentunya gear belakang harus dicopot dari nap gear-nya dengan cara dibuka terlebih dahulu murnya.

Mur yang mengikat gear belakang pada nap gear nyatanya tidak cukup mudah untuk dibuka. Alasannya adalah karena memang mur yang digunakan adalah mur khusus yang memiliki torsi cukup besar.

Selain itu jika sebelumnya mur pada nap gear tersebut belum pernah dibuka, maka kemungkinan masih terdapat lem yang disematkan oleh pabrikan motor sehingga menambah “semakin” susah mur tersebut untuk dibuka.

Nah jika dipaksakan dan menggunakan teknik yang salah, maka kemungkinan besar mur akan slek atau bahkan baut tanam pada nap gear akan patah.

Lalu bagaimana cara untuk membuka mur pada nap gear sepeda motor  agar tidak slek? Caranya cukup mudah, berikut kami uraikan:

1. Gunakan kunci shock atau kunci T yang berkualitas. Jangan gunakan yang tidak berkualitas, selain itu kami tidak menganjurkan menggunakan kunci ring apalagi kunci pas. Jika terpaksa menggunakan kunci ring, maka pakai kunci ring yang berkualitas dan pastikan cukup panjang bagian pegangannya agar lebih berguna dalam membuka mur pada nap gear.


2. Pukul terlebih dahulu bagian mur menggunakan palu. Tidak usah terlalu kencang dalam memukul bagian murnya, yang jelas harus dipukul terlebih dahulu agar lemnya bisa retak dan rontok. Cara ini dianjurkan jika mur pada nap gear belum pernah dibuka sebelumnya dan berpotensi masih “terikat” dengan lem besi dari pabrikan motor.

3. Jangan lupa berdoa dan siapkan tenaga yang cukup hehe.

Nah dua tips di atas kami rasa sudah cukup agar proses membuka mur pada nap gear berjalan dengan sempurna.

Untuk tips lain, silahkan baca artikel di bawah ini:


Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript