-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Bayar Pajak Kendaraan Di Samsat Keliling Kota Baru Parahyangan



Bayar Pajak Kendaraan Di Samsat Keliling Kota Baru Parahyangan


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Hari ini kami akan coba berbagi pengalaman kami dalam membayarkan pajak di Samsat keliling yang ada di Kota Baru Parahyangan Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat.


Sabtu, 5 September 2020, kami berinisiatif untuk membayar pajak kendaraan bermotor Yamaha Byson kami secara lebih awal.

Sebenarnya pajaknya baru akan habis pertanggal 16 September nanti, namun karena tengah ada waktu senggang jadinya kami coba bayarkan saja lebih awal (setidaknya tidak terlalu mepet dengan tanggal 16 September).

Nah berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kami tengah malas sekali untuk membayarkan pajak di kantor Samsat Bandung Barat yang ada di Jalan Cimareme.

Alasannya sederhana, kami malas mengantri. Ya bayangkan saja, selama 6 tahun terakhir kami selalu bayar pajak tahunan di kantor Samsat mulai dari jam bukanya yang  masih pukul 7 pagi hingga sekitar 2 tahun ke belakang bukanya pukul 8 pagi.

Selain malas mengantri, kami juga tengah malas memikirkan loket berkas yang kadang cukup berbelit. Intinya dalam satu pembayaran pajak motor tahunan, waktu kami di kantor Samsat bisa sampai 1 jam hingga 3 jam. Cukup lama bukan?

Ya karena hal itulah kami coba-coba bayar pajak di Samsat keliling karena kebetulan kami sempat melihat Samsat keliling ini nongkrong di area parkir Kota Baru Parahyangan.

Note: Bayar pajak di Samsat keliling atau Samsat gendong hanya berlaku untuk pembayaran pajak tahunan untuk kendaraan bermotor dan tidak berlaku untuk bayar pajak kendaraan tiap lima tahun sekali atau ganti kaleng (ganti pelat nomor). Selain itu pastikan bahwa kendaraan yang hendak dibayarkan pajaknya merupakan kendaraan yang terdata di wilayah Bandung Barat.

Lokasi Samsat Keliling Kota Baru Parahyangan

Meski kita ketahui bahwa Samsat kelilingnya ada di Kota Baru Parahyangan, tapi bukan berarti kita dapat dengan mudah menemukannya.

Kota Baru Parahyangan itu luas, dan merupakan salah satu perumahan elit yang wilayahnya bisa menjadi satu kecamatan karena mencakup beberapa desa.

Kami sempat memergoki Samsat keliling ini ada di area parkir bundaran kedua yang dekat dengan kantor Damkar Kota Baru Parahyangan.

Namun untuk saat ini sendiri, Samsat Keliling ini biasa “mangkal” di sebrang Bale Pare tepatnya di area parkir kantor Cellini Flagship.

Bayar Pajak Kendaraan Di Samsat Keliling Kota Baru Parahyangan
Bale Pare ada di sebrang jalan


Mungkin tempat mangkalnya akan berpindah sewaktu-waktu dan tanpa pemberitahuan. Sekedar informasi saja, bahwa mungkin Samsat ini lebih tepat disebut sebagai Samsat gendong. Hal tersebut karena untuk sekarang Samsat yang sering mangkal di Kota Baru ini cendrung lebih “kecil”. Tapi apapun itu namanya, terselahlah yang penting kita bisa bayar pajak tahunan motor atau mobil di Samsat “berjalan” ini.

Waktu Mangkal Samsat Keliling Kota Baru Parahyangan

Setelah kita menandai lokasi dari Samsat keliling ini, selanjutnya catat waktu mangkalnya. Jangan sampai kita hendak bayar pajak di Samsat keliling Kota Baru Parahyangan namun ternyata tidak tahu kapan Samsat kelilingnya mangkal.

Samsat keliling di Kota Baru Parahyangan buka setiap hari Sabtu dari jam 08.00 pagi hingga jam 11.00 siang Waktu Indonesia Barat (WIB).

Nah jadi Samsat keliling di Kota Baru Parahyangan ini tidak ada tiap hari seperti Samsat keliling di Cihaliwung Bandung Barat.

Syarat Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Di Samsat Keliling Kota Baru Parahyangan

Untuk syaratnya lebih ringkas dan lebih mudah. Jika biasanya kami harus melampirkan KTP atas nama yang tertera di STNK beserta kopiannya, kemudian juga harus melampirkan 2 lembar STNK beserta kopianya yang kemudian disimpan pada map, maka pada Samsat keliling ini syaratnya hanya KTP asli dan STNK asli saja.

KTP asli dan STNK asli yang nama pemiliknya sesuai itu kemudian kita serahkan di loket pendaftaran (gulung saja KTP-nya di STNK. Jangan lupa plastik STNK-nya dilepas dahulu agar tidak hilang dan lebih mempermudah petugas Samsat keliling).

Tentunya hal ini lebih ringkas dan sangat mempermudah kami.

Besaran Pembayaran Pajak Di Kota Baru Parahyangan

Secara umum tidak berbeda jauh besaran pajak yang harus dibayarkan di Samsat keliling dengan besaran pajak yang tertera di Bapenda (Sambara).

Sebagai catatan, kalian bisa cek pajak kendaraan bermotor yang berada di region Jawa Barat di situs ini.

Kalian bisa klik tautan atau link yang ada di atas artikel ini untuk mengecek besaran pajak mobil atau motor yang akan dibayarkan oleh kalian.

Jangan sampai kita mau bayar pajak namun uangnya kurang atau seperti kasus kami tadi pagi dimana kami tadi pagi melihat ada dua wanita yang datang ke Samsat keliling hanya untuk mengecek besaran pajak motornya.

Tidak salah memang, tapi kalau sengaja datang hanya untuk mengecek besaran pajak motor, rasanya itu kurang efisien hehe.

Kesan dan Masukan Satupiston.com Setelah Melakukan Pembayaran Pajak Motor Tahunan Di Samsat Keliling Kota Baru Parahyangan

Kesan kami adalah bahwa membayar pajak di Samsat keliling rupanya syaratnya lebih simpel dan juga waktu prosesnya lebih cepat (mungkin karena yang diproses tidak sebanyak di kantor Samsat yang bisa sampai ratusan hingga ribuan orang perhari).

Kami sangat terkesan dan senang ketika proses bayar pajak beserta pengesahan STNK hanya berlangsung selama 15 menitan (dengan proses antri).

Jadi bayangkan berapa menit yang kami hemat jika kami bandingkan dengan bayar pajak motor di kantor Samsat??

Namun jika boleh kami memberikan feed back negatif, ada satu hal yang mengganjal bagi kami ketika membayar pajak di Samsat keliling.

Apakah itu? Kami sebenarnya cukup bingung kenapa pada Samsat baik itu di kantornya maupun di Samsat keliling pelayanannya cukup tidak ramah.

Padahal di sini kami mencoba memenuhi kewajiban sebagai warga negara yang baik dengan cara membayar pajak kendaraan bermotornya.

Hal tersebut mungkin sedikit berbeda ketika kami datang ke bank atau ke mini market dimana pelayanannya cukup menyenangkan serta ramah.

Pada kasus Samsat keliling ini, karena kami baru pertama kalinya melakukan pengurusan pajak motor tahunan di Samsat keliling, maka berkas yang kami bawa masih seperti membawa berkas saat hendak bayar pajak motor tahunan di kantor Samsat.

Saat itu loketnya cukup kecil sehingga mungkin map kami tidak akan masuk, nah karena rasa bingung itulah kami coba tanyakan ke petugas “dimana kami harus letakan berkas?”.

Jawabannya adalah “tunggu sebentar”, kami menunggu sambil berdiri sekitar 3-5 menit dan tak kunjung mendapat jawaban padahal petugas tersebut ada di depan kami.

Karena kami melihat ada dua orang yang menaruh STNK dan KTP-nya di suatu wadah, maka akhirnya kami putuskan untuk melakukan hal yang sama yakni menempatkan STNK dan KTP-nya tanpa menggunakan map dan tanpa menunggu jawaban dari petugas.

Nah jika tadi kalian menyimak bahwa waktu proses bayar pajak di Samsat keliling adalah sekitar 15 menitan, maka 5 menit dari 15 menit tersebut kami gunakan untuk menunggu jawaban dari petugas.

Jika dengan tanpa menunggu jawaban dari petugas, maka kami yakin waktu prosesnya hanya sampai 10 menit.

Nah kurang lebih itu adalah masukannya, semoga bisa lebih ditingkatkan lagi mengenai implementasi pelayanannya guna memberikan kesan yang lebih baik lagi.

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript