-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Jenis Mesin Byson Karbu



Jenis Mesin Byson Karbu



Satupiston.com – Assalamu’alaikum, kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai jenis mesin dari Byson karbu.


Byson karbu yang merupakan motor naked dari YIMM merupakan motor yang dulunya cukup mengejutkan dari segi penjualan.

Singkatnya dengan modal mesin “seadanya” namun dengan tampilan yang serba berisi, Byson karbu mampu laku keras di pasaran.

Bicara soal jeroan, kali ini kami tertarik untuk membahas mengenai jenis mesin dari Byson karbu, ya meski tidak secara komprehensif kami membongkar mesin dari Yamaha Byson dengan sistem karbu, namun kami tetap ingin membuat artikel soal mesin Byson karbu secara teoritik atau retorika juga boleh wkwk.

Byson karbu bermesinkan silinder tunggal empat langkah berpendingin udara dengan kubikasi mesin sebesar 150 cc, tepatnya 153 cc hasil dari perkalian volume ruang bakar yakni sebesar 58 mm x 57.9 mm.

Angka 58 mm menunjukan diameter dari ruang bakar, sedangkan angka 57.9 menujukan kedalaman ruang bakar.

Dengan kubikasi ruang bakar seperti itu, maka Yamaha Byson karbu memiliki mesin dengan jenis square.

Baca Juga:



Maksudnya adalah antara bore (diameter silinder) dan stroke (langkah/ kedalaman) dari silinder kendaraan bermotor, dimensinya memiliki ukuran yang sama.

Oleh karenanya, mesin dengan jenis seperti itu dinamakan dengan square. Karakter dari mesin jenis ini adalah cenderung rata pada tiap putaran baik putaran bawah hingga atas.

Nah setelah kita mengetahui mengenai jenis mesin Byson karbu yang menggunakan mesin  dengan ruang bakar berjenis square, maka kita akan memahami mengenai karakter dari Byson karbu yang sudah disebutkan di atas.

Yang jadi pertanyaan adalah meski di tiap putaran mesin tenaga yang dikeluarkan sama, lalu kenapa Byson karbu cenderung lebih melempem di putaran bawah sedangkan putaran atasnya cenderung lebih berisi?

Hal tersebut karena adanya rasio gear ditambah final ratio gear. Ratio gear dari Yamaha Byson karbu adalah sebagai berikut:

Gigi 1=2.714

Gigi 2=1.789

Gigi 3=1.318

Gigi 4=1.045

Gigi 5=0.875

Sedangkan final ratio gear dari Byson karbu adalah sebesar 2.85 hasil dari perbandingan ukuran gear belakang sebesar 40 mata dan gear depan sebesar 14 mata.

Nah rekomendasi dari kami untuk memaksimalkan tiap putaran dari Yamaha Byson karbu  adalah dengan mengganti final gear ratio atau gir akhir dari Byson karbu yang menghubungkan putaran mesin dengan roda.

Ganti gear depan dan belakang Byson karbu dengan ukuran 14 untuk gear depan dan gear belakang dengan ukuran 42.

Rasio gear di angka 14 dan 42 akan menghasilkan angka 3 (42:14). Angka 3 tersebut cenderung lebih berisi di putaran bawah dan untuk putaran atas masih tidak mengecewakan.

Untuk Yamaha Byson karbu yang dari standaran pabrik lemot di putaran bawah sampai membuat kami malu karena gagal menanjaki tanjakan di gang, kami rasa  mengubah final gear ratio ke ukuran 14 dan 42 cukup membantu.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript