★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Dampak Buruk Kampas Kopling Motor Yang Aus Namun Tidak Segera Diganti



Dampak Buruk Kampas Kopling Motor Yang Aus Namun Tidak Segera Diganti


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai dampak buruk dari kampas kopling motor yang sudah aus namun tidak segera diganti.


Kampas kopling merupakan salah satu komponen pada sistem transmisi sepeda motor. Kampas kopling ini berfungsi sebagai pemutus dan penyambung putaran pada bagian rumah kopling pada sepeda motor.

Ketika tuas kopling ditekan, maka kampas kopling akan bergesekan dengan sistem kopling lain yakni plat gesek serta rumah kopling. Gesekan tersebut bertujuan guna memutus putaran yang dihasilkan oleh piston menuju putaran transmisi roda gigi.

Jadi tak heran, mengapa ketika tuas kopling ditekan, maka sepeda motor tidak melaju rodanya padahal sepeda motor dalam keadaan masuk gigi.

Nah kampas kopling merupakan komponen pada sepeda motor yang memiliki usia pakai. Idealnya kampas kopling untuk sistem transmisi manual bisa tahan hingga 25.000 Km sampai 30.000 Km.

Namun angka tersebut dapat berubah sesuai dengan beberapa faktor. Misalnya saja gaya berkendara yang agresif yang dapat menyebabkan usia kampas kopling jadi lebih mudah aus.

Tanda kampas kopling aus salah satunya adalah terjadinya selip pada kopling, yakni kondisi dimana terjadinya ketidaknormalan saat perpindahan gigi. Biasanya ketidaknormalan tersebut ditandai dengan hambatan pada saat mengoper gigi atau bisa juga terjadinya limit pada saat posisi gigi tertentu dan pada RPM tertentu.

Misal ketika kita mengoper gigi ke gigi empat, lalu ketika gas ditarik dan RPM menunjukan angka 5000 RPM, maka motor malah enggan melaju secara normal dan malah seperti kita tengah menekan tuas kopling, padahal tuas kopling tidak sedang ditekan.

Bila tanda-tanda kampas dari kopling yang sudah aus mulai muncul, maka kita harus dengan segera memeriksakan kondisi sistem kopling kita.

Bisa jadi kampas kopling sudah aus atau ada komponen lain yang sudah aus. Bila kita biarkan dan tanpa ada tindakan lebih lanjut, maka ada beberapa kemungkinan.


Salah satunya adalah merembetnya kerusakan pada sistem kopling. Seperti plat gesek yang aus hingga rumah kopling yang aus.

Jika plat gesek dan rumah kopling sudah aus, tentu biaya perbaikannya akan lebih besar lagi karena kita harus berbesar hati untuk mengganti komponen yang sudah disebutkan tersebut.

Memang rumah kopling dan plat gesek akan aus juga dengan sendirinya, namun dengan membiarkan kampas kopling aus dan kita terus memakainya, maka risiko komponen lain pada sistem kopling untuk aus akan semakin besar.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Tags:
Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript