★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Cara Ekstrim Untuk Atasi Kopling Motor Yang Selip

 

Cara Ekstrim Untuk Atasi Kopling Motor Yang Selip


Satupiston.com – Assalamu’alaikum, kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai cara ekstrim untuk atasi kopling motor yang selip.

 

Sistem kopling pada sepeda motor memang menjadi salah satu momok bagi sebagian bikers atau pengguna sepeda motor.

 

Pasalnya, bagian kopling memang kerap menjadi kendala terutama pada motor dengan sistem manual.

 

Banyak kasus terjadinya selip kopling pada sepeda motor yang seolah enggan sembuh padahal sudah beberapa kali masuk bengkel dan sudah mengeluarkan banyak biaya.

 

Apakah kalian salah satunya? Sebelum lanjut pada pembahasan lebih jauh, kita akan mengajak kalian untuk membaca artikel kami berikut ini:

 

Baca Juga: Penyebab Kopling Motor Selip

 

Nah setelah mengetahui penyebab-penyebab kopling motor selip, maka kami harapkan kita jadi lebih paham faktor apa saja yang menyebabkan motor kita menjadi abnormal pada bagian kopling.

 

Dari pengalaman kami yang sedikit ini, ada faktor rumah kopling atau lawan kaki empat dan kaki empat pada kopling motor yang kerap mengalami problem yakni jaraknya yang terlalu jauh.

 

Sehingga ketika seharusnya kopling menempel, ini malah tidak menempel karena rumah kopling yang sudah aus dan meninggalkan celah beberapa mili meter.

 

Langkah yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti rumah kopling tepatnya pada bagian lawan kaki empat dan kaki empatnya.

 

Namun ada juga cara lain yakni dengan melakukan langkah ekstrim menambahkan kampas kopling dan plat geseknya.

 

Jika kalian belum tahu mengenai perbedaan kampas kopling dan plat gesek, ada baiknya baca terlebih dahulu artikel berikut:

 

Baca Juga: Perbedaan Kampas Kopling dan Plat Gesek Pada Motor

 

Kembali lagi pada topik pembahasaan, jika celah pada rumah kopling masih muat untuk dijejali dengan kampas kopling dan plat geseknya, maka kita tinggal masukan saja plat gesek dan kampas kopling.

 

Setelah dimasukan, periksa apakah dalam mengoper gigi masih lancar atau terjadi kendala sehingga sulit untuk mengoperkan gigi.

 

Jika ternyata menjadi sulit, maka langkah selanjutnya adalah mencopot bagian kampas kopling yang tadi di pasangkan.

 

Jadi yang dipasangkan hanya plat geseknya saja. Dan ingat, usahakan plat gesek ditaruh di tengah dan jangan berhadapan langsung dengan lawan kaki empat maupun pada kaki empatnya.

 

Taruh dua plat gesek di antara dua kampas kopling, jadi jika kita urutkan kurang lebih begini hasilnya:

 

Lawan kaki empat - kampas kopling - plat gesek - plat gesek - kampas kopling - plat gesek - kampas kopling – plat gesek – kampas kopling- kaki empat.

 

Gambaran di atas merupakan gambaran pada sistem kopling dengan 4 kampas kopling, untuk sistem kopling dengan 5 kampas kopling pun sama gambarannya seperti di atas.

 

Tulisan di atas yang digaris bawahi merupakan satu tindakan ekstrim dimana memasukan dua plat gesek secara tidak normal, namun cara ini setidaknya mampu mengatasi terjadinya selip kopling yang diakibatkan oleh celah rumah kopling yang kurang rapat.

 

Ingat, cara ini tidak kami rekomendasikan dan kami tidak bertanggung jawab atas kemungkinan kerusakan yang kalian alami hehe. Jadi cara yang kami rekomendasikan tentunya adalah dengan mengganti rumah kopling yang sudah aus dengan rumah kopling yang baru.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.


Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Tags:
Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript