Letak Bendik Starter Yamaha Byson Karbu

Daftar Isi [Tampil]


Assalamu’alaikum, kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai letak bendik starter dari Yamaha Byson karbu.


Sob, bedik starter atau relay starter merupakan salah satu komponen dalam starter motor. Selain bendik, ada spull, dinamo starter, aki, hingga tombol starter itu sendiri yang bertugas untuk membuat motor dapat distarter secara otomatis.

Jadi bendik ini fungsinya untuk melakukan starter secara otomatis melalui tombol di stang kiri, jadi bukan untuk kick starter atau selahan atau engkol.

Bendik merupakan salah satu komponen elektronika pada sepeda motor dan memiliki masa pakai tersendri.

Meski kami belum tahu seberapa jauh masa pakai dari bendik, namun yang jelas, cepat atau lambat bendik starter pada sepeda motor pasti akan rusak juga, terlebih bila sering digunakan.

Ciri-ciri bendik starter rusak adalah dimana kelistrikan normal, klakson berfungsi, lampu berfungsi, tetapi pas pencet tombol starter, motor tidak merespon dan tidak ada suara apa pun.

Pada beberapa kasus memang ada yang hanya cetak-cetek saja, tetapi selanjutnya tombol starter enggan untuk merespon. Selain itu, ciri lain bendik starter rusak adalah ketika kita jumper katup postif dan katup negatif pada bendik, maka seketika motor dapat menyala layaknya kita tengah melakukan starter melalui tombol starter.

Jika bendik sudah rusak, tentu opsi yang kita pilih adalah melakukan pergantian komponen bendik starter itu sendiri.

Nah untuk Yamaha Byson karbu, bendiknya cukup unik karena bertugas juga sebagai rumah sikring.

Letak Bendik Starter Yamaha Byson Karbu


Cukup berbeda memang dari bendik yang terdapat pada beberapa motor Honda sebut saja Honda Sonic 150 dan Honda Supra Fit, dimana bendik pada pabrikan Honda biasanya memisahkan posisi bendik dan posisi sikring.

Baiklah kembali lagi pada topik utama yakni dimana letak bendik starter dari Yamaha Byson karbu???

Bendik starter dari Yamaha Byson karbu terletak di samping aki atau accu, letak dari aki sendiri berada di posisi kanan dari bodi Yamaha Byson dan sejajar dengan footstep dari Yamaha Byson karbu.

Letak Bendik Starter Yamaha Byson Karbu


Letak Bendik Starter Yamaha Byson Karbu


Jadi jika kita sering melakukan pergantian sikring atau kita sering memeriksa aki, maka sudah barang tentu kita akan mudah menemukan bendik starter dari Yamaha Byson ini.

Memang cukup mudah untuk menemukan dari bendik starter dari Yamaha Byson ini, karena cukup buka cover aki, maka kita sudah langsung bisa melihat bendik starter atau relay starter dari Yamaha Byson.

Nah untuk melepas bendik starter pada Yamaha Byson caranya cukup mudah, kita hanya butuh kunci ukuran 8 mm, (usahakan pakai kunci T atau kunci shock, karena torsi dari baut katup pada bendik cukup kuat), kemudian lepas dua baut katup pada bendik, kemudian lepas soket sikring pada bendik.

Nah bagaimana mudah bukan? Kami harap kalian paham hehe, nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

  Ikuti Kami di  -Google News-

 ⚠  Iklan  ⚠ 

Iklan Tengah Artikel 2


 ⚠  Iklan  ⚠ 

Iklan Bawah Artikel

 ⚠  Iklan  ⚠ 

Suka dengan artikel Satupiston.com? Jangan lupa subscribe kami di Youtube :)