★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Ciri-Ciri Bendik Starter (Relay Starter) Motor Rusak



Ciri-Ciri Bendik Starter (Relay Starter) Motor Rusak


Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai ciri-ciri bendik starter atau relay starter pada motor yang rusak.


Sob, bendik starter atau relay starter pada sepada motor berfungsi sebagai pemantik dinamo starter yang kemudian membuat sepeda motor dapat distarter secara otomatis.

Ada kalanya karena faktor umur atau korslet, bendik mengalami kerusakan sehingga membuat sepeda motor tidak dapat distarter secara otomatis melalui tombol starter di stang sebelah kanan.

Sebetulnya banyak faktor yang membuat starter otomatis pada sepeda motor tidak dapat berfungsi dan memaksa kita harus melakukan engkol atau gajrug jika motor tidak ada engkolnya.

Faktor yang membuat starter otomatis tidak dapat berfungsi diantaranya adalah karena aki tekor, kul starter atau dinamo starter rusak, spull rusak, hingga ada kabel yang terputus.

Namun untuk artikel ini, kami hanya akan membahas mengenai penyebab starter otomatis yang tidak berfungsi yang dikarenakan kerusakan pada bendik starter.

Ketika suatu komponen mengalami kerusakan, sudah barang tentu ada ciri-cirinya, termasuk pada bendik starter di sepeda motor. Dan ciri-ciri kerusakan pada bendik starter diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Aki Masih Belum Drop Tapi Motor Tidak Dapat Distarter


Hal pertama yang boleh jadi membuat kita curiga pada kerusakan bendik starter adalah karena aki masih baik-baik saja, tetapi motor tidak dapat distarter secara otomatis. Bila sudah demikian, maka kecurigaan kita selanjutnya ada pada dinamo starter atau kul starter, kebel, serta pada bendik starter.

2. Tombol Starter Tidak Merespon dan Kadang Hanya Berbunyi Cetek-Cetek


Selanjutnya adalah ciri-ciri dari bendik starter yang rusak adalah tombol starter yang tidak merespon sama sekali. Ya seperti kita tengah mematikan motor kemudian kita tekan tombol starter, tentu tidak akan ada responnya karena daya tidak ada. Nah pada beberapa kasus, bendik starter yang rusak juga ditandai dengan suara cetek-cetek sekali atau dua kali kemudian tidak ada respon.

3. Ketika Kabel Kutub Dikosletkan, Seketika Motor Seperti Distarter


Kemudian jika sudah bertemu dengan bendik starter, kemudian kita korsletkan kutub negatif dan positifnya dengan cara menghubungkannya, seketika akan ada percikan api serta motor akan melakukan starter kendati mesin dalam keadaan off. Bila kondisinya seperti itu, maka sudah dipastikan dinamo starter dan kabel dalam keadaan baik dan boleh jadi bendik starternya yang rusak.

4. Kadang Ketika Kita Melakukan Starter, Aki Tiba-Tiba Langsung Tekor


Ini adalah tanda atau ciri yang kadang terjadi, yakni ketika kita tekan tombol starter, seketika kelistrikan pada motor menjadi mati karena aki tiba-tiba saja tekor. Hal ini pernah terjadi pada kami beberapa kali.

Nah kurang lebih itu merupakan beberapa ciri dari bendik starter yang rusak, mohon maaf jika ada ciri yang lain yang tidak kami ketahui, nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.



Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript