-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Penyebab Speedometer Mati Dan Tidak Berfungsi



Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai penyebab dari speedometer yang mati dan tidak berfungsi.


Sob, pada kendaraan bermotor wajib hukumnya untuk diberi speedometer yang masih berfungsi.

Hal tersebut mengacu pada kebijakan berlalu-lintas di tanah air Indonesia. Faktanya selain digunakan sebagai indikator kecepatan sepeda motor secara real time, speedometer juga berfungsi melihat indikator-indikator lain semisal indikator bensin dan suhu serta kerusakan pada sistem kelistrikan.

Nah bagi speedometer yang tidak berfungsi tentu akan berdampak buruk bagi sepeda motor ketika diajak jalan, kendati dampaknya hanya sebatas hilangnya indikator kecepatan, jarak tempuh dan lain-lain.

Nah buat kalian yang bingung kenapa speedometernya mati dan tidak berfungsi, yuk kita bahas bersama.

Kerusakan pada speedometer ini ditekankan pada speedometer analog atau speedometer jarum. Yakni speedometer yang menggunakan jarum sebagai penunjuk angkanya.

Bagi speedometer analog, ketika speedometer tidak berfungsi dan jarum tidak mau bergerak, maka sudah pasti kerusakaan ada di wilayah jarumnya, atau kabelnya, atau rotornya.

Jadi ada tiga kemungkinan, namun kemungkinan yang umum terjadi adalah kabel atau kawatnya yang terputus.

Penyebab Speedometer Mati Dan Tidak Berfungsi
Sumber shoppe.com


Biasanya kawat speedometer putus dikarenakan faktor usia, nah kawat ini bersentuhan langsung dengan rotor pada velg sepeda motor.

Kemudian faktor yang kedua adalah bagian rotornya yang sudah aus, ausnya bisa pada bagian rotor atau bahkan pada bagian velg. Namun bila dibandingkan dengan kawat speedometer, bagian rotor ini terbilang lebih tahan lama.

Nah itu merupakan kerusakan pada speedometer analog, sedangkan bila kerusakaan pada speedometer digital penyebabnya juga beragam.

Mulai dari kabel yang putus, kawat speedometer yang putus, rotor yang rusak, sikring ada yang putus, CDI atau ECU bermasalah, hingga speedometer yang sudah mati karena polarize atau IC.

Nah sebetulnya kami ingin sekali membahas masalah speedometer yang mati ini secara tuntas dan rinci.

Tapi jujur saja sob, kami malah ngeblank juga L. Semoga kalian paham ya, dan mungkin di lain kesempatan kami akan bahas secara satu persatu penyebab dari matinya speedometer ini.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript