-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Penyebab Speedometer Digital Pudar Pada Motor



Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai penyebab dari speedometer digital yang pudar pada motor.


Sob, speedometer memiliki banyak fungsi bagi kendaraan bermotor tak terkecuali bagi sepeda motor.

Pada panel speedometer digital, kita bisa melihat kecepatan motor, banyaknya bensin, putaran mesin, jam, suhu, dan indikator lain yang disediakan oleh speedometer digital.

Pada motor-motor terbaru, sudah banyak yang mengaplikasikan speedometer yang full digital tanpa adanya analog lagi.

Banyak keuntungan memang dari pemakaian speedometer digital pada sepeda motor, hal tersebut pula yang menjadi alasan pabrikan motor untuk menyematkan speedometer digital pada motor-motor keluaran terbaru.

Bicara soal speedometer digital yang memiliki harga relatif lebih mahal dari speedometer analog, ternyata speedometer digital memiliki kelemahan yang banyak dikeluhkan oleh banyak penggunanya.

Keluhan tersebut adalah soal kelemahan speedometer digital yang sering sekali pudar warnannya baik sebagian ataupun menyeluruh.

Terkadang speedometer digital mengalami pudar pada sebagian angkanya bahkan hampir seluruh lcd-nya. Seperti gambar di bawah ini:

Penyebab Speedometer Digital Pudar Pada Motor
Sumber Facebook

Dari pengetahuan kami, penyebab utama dari speedometer digital yang pudar adalah karena polarizenya telah rusak.

Untuk memperbaikinya kita harus pergi ke tukang service elektronik atau tukang perbaikan speedometer digital.

Tarif perbaikannya adalah sekitar Rp. 200.000 hingga Rp. 400.000, nah bagi kalian yang ingin memperbaiki speedometer digital, silahkan fikirkan kembali apakah mending beli baru, beli lagi yang bekas atau memperbaiki speedometer digitalnya yang rusak.

Karena bila dikalkulasikan, harganya relatif hampir sama kecuali bila kita beli speedometer digital yang baru dari dealer.

Nah rusaknya polarize ini disebabkan oleh beberapa hal, misalnya karena sunburn atau terbakar cahaya matahari.

Maksudnya adalah speedometer digital kita sering sekali terkena cahaya matahari, sebabnya yang paling umum adalah karena motor sering terparkir di tempat terbuka yang intensitas cahaya mataharinya lumayan tinggi.

Cahaya matahari tersebut bila terkena speedometer digital dalam jangka waktu yang lama dan intensitas yang tinggi, maka dapat menyebabkan speedometer digital menjadi pudar.

Kemudian penyebab lain speedometer digital menjadi pudar adalah karena speedometer sering tertekan, sebetulnya bila sering tertekan, bisa jadi bukan hanya polarize yang rusak tetapi bisa merembet pada komponen lain.

Lalu penyebab dari speedometer digital yang pudar bisa juga terjadi karena sering kemasukan air. Air menjadi musuh bagi utama barang elektronik tak terkecuali speedometer digital.

Sebenarnya jarang terjadi, namun air tetap bisa masuk ke celah-celah speedometer digital.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript