Motor Distarter Kelistrikan Motor Malah Mati, Kenapa?


Motor Distarter Kelistrikan Motor Malah Mati, Kenapa?


Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai motor yang distarter kelistrikan motor malah mati, kenapa ya?


Beberapa waktu lalu, kami sempat mengalami hal dimana motor kami yang distarter namun kelistrikan motor malah mati. Sempat heran dan bingung, namun akhirnya bisa teratasi (artikelnya baca saja di sini).

Kami sempat berfikir masalahnya ada pada kiprok, sikring, atau kabel. Namun nyatanya masalah tersebut datang dari aki.

Kenapa aki? Ternyata aki tekor kendati memang tidak begitu tekor. Dari voltmeter, terlihat tegangan aki berada di angka 4-6 Volt, padahal sebelumnya berada di angka 11,9 Volt.

Sekedar info saja, aki yang sehat berada di angka 12-13 Volt ketika tengah hidup tanpa mesin dihidupkan, sedangkan bila mesin dinyalakan, maka tegangan yang ideal adalah berada pada angka 14-15 Volt.

Selebihnya bila tidak berada di angka di atas, maka kelistrikan berada dalam kondisi yang tidak normal.

Nah bila kita sudah mengalami kendala motor yang distarter namun kelistrikan malah mati, apa yang harus kita lakukan? Ya kita harus mengecek setiap komponen kelistrikan mulai dari spul, kiprok, aki, sikring, hingga kabel-kabel.

Namun kami sendiri saat mengalami hal di atas, kami melakukan isi ulang pada aki kering kami. Dan hasilnya motor kembali normal.

Mungkin ada baiknya bila aki diganti dengan yang baru, bila ke depannya aki tekor terus. Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini. Akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Belum ada Komentar untuk "Motor Distarter Kelistrikan Motor Malah Mati, Kenapa?"

Posting Komentar

Komentarnya Tuan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel