Penyebab Aki Tekor Terus Pada Motor




Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel satupiston.com. Kali ini kita akan membahas mengenai penyebab aki pada motor yang tekor terus.


Tekor bila kita definisikan secara sederhana artinya berkurang, baik itu secara drastis maupun perlahan. Yang pasti kata tekor menunjukan makna berkurang, menyusut, dan lain sebagainya yang menandakan adanya kekurangan.

Aki sendiri dalam kendaraan termasuk motor merupakan komponen yang bertugas menampung dan menyuplai arus dan tegangan listrik DC pada komoponen lain yang membutuhkan tegangan serta arus dengan tegangan DC atau satu arah.

Bila aki tekor atau bermasalah, maka kemungkinan ada komponen lain yang akan ikut bermasalah. Misalnya saja lampu yang menjadi redup hingga otomatis starter yang tidak berfungsi dan hanya bersuara cetek-cetek.

Mungkin di antara kita ada yang bertanya mengapa aki menjadi sering tekor? Atau kita bertanya apa penyebab aki tekor terus?

Mirip dengan pertanyaan kita tadi, akun Facebook bernama Kinoy pun menanyakan pertanyaan serupa pada grup Facebook Minerva Modification Indonesia.

Penyebab Aki Tekor Terus Pada Motor


Permios para suhu mimin di manapu berada.ane mau tanya mimin ane akinya tekor terus di pasang aki baru jarak 30 menit malah setrumnya abis.klo lampu nyala berebet ga mau lari tapi lampu mati ngacir kira-kira masalah nya di mna.tolong pencerahanya pada suhu yg baik hati.” Tutur Kinoy di unggahan fotonya.

Baiklah kita bahas saja bersama. Sebelumnya kita sudah membahas mengenai masalah lampu depan atau lampu utama motor yang sering mati dari mulai penyebab hinggasolusinya, bila ada yang ketinggalan, silahkan saja baca kembali artikelnya.

Nah aki sendiri sebetulnya merupakan media penampung listrik. Listriknya sendiri secara sederhana dihasilkan oleh putaran spul serta dikonversi dan distabilkan serta diselaraskan oleh kiprok.

Bila aki bermasalah terutama aki tekor terus, bisa jadi yang bermasalah adalah spul, kiprok, hingga aki itu sendiri.

Namun bila kita simak penuturan akun Facebook bernama Kinoy tadi yang juga menceritakan bahwa bagian lampu juga terdampak imbas, maka kemungkinan kerusakan mengerucut pada kiprok.

Mengapa demikian? Hal tersebut karena bila kiprok bermasalah semisal lemah, maka kemungkinan juga akan mengakibatkan aki kekurangan daya, serta mengakibatkan suplai listrik ke komponen semisal lampu depan dan CDI menjadi terganggu.

Bila tadi dijelaskan bahwa ketika lampu depan dinyalakan maka laju motor brebet atau tersendat, bisa jadi beban listrik terlalu banyak, namun suplai listrik kurang memadai.

Efeknya adalah sistem pengapian kurang daya sehingga pengapian lemah serta lampu depan kurang cahaya atau redup. Bila sudah demikian, maka kita setidaknya wajib memeriksa dan mengganti kiprok jika memang sudah rusak.

Kiprok sendiri terletak dekat aki dan menempel pada bodi, namun pada setiap motor mungkin penempatannya akan berbeda. Untuk jelasnya, silahkan saja lihat gambar di bawah ini:




Penyebab Aki Tekor Terus Pada Motor
Kiprok pada motor. Sumber: idmotoblog.com



Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, semoga membantu dan memberikan informasi yang bermanfaat untuk kita semua. Akhir kata, sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel