Kampas Rem Tidak Mencengkram Sempurna Karena Breket Kaliper Variasi Tidak Presisi



Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai kampas rem tidak mencengkram sempurna karena braket kaliper variasi tidak presisi.


Beberapa waktu lalu kami sempat mengganti piringan cakram dari Yamaha Byson kami menjadi piringan cakram variasi, artikelnya bisa dibaca di sini.

Nah usut punya usut ternyata walaupun disinyalir PNP dan presisi, ternyata breket untuk kaliper tidak presisi mencengkram piringan cakram. Alhasil kampas rem tidak menggigit dengan sempurna. Lihat deh gambar di bawah.

Kampas Rem Tidak Mencengkram Sempurna Karena Breket  Kaliper Variasi Tidak Presisi


Dari gambar di atas terlihat bahwa kampas rem tidak termakan dengan sempurna. Alhasil ada kampas yang termakan dan ada kampas yang tidak termakan oleh piringan cakram. Hal tersebut tidak boleh dibiarkan, karena bila sampai bagian yang termakan menipis, maka bagian kampas lain yang tidak termakan akan saling mengganjal sehingga posisi kampas benar-benar tidak akan memakan piringan cakram.

Nah bila sudah begitu, hanya ada dua pilihan yakni membuat breket baru atau melakukan cara yang kami lakukan.

Cara yang kami lakukan adalah membuang bagian kampas yang tidak termakan. Pada gambar sebelumnya terlihat ada bagian kampas yang tidak termakan dan bagian tersebut memiliki pola.

Bagian tersebut kami hilangkan dengan cara digurinda dengan gurinda tangan. Yang dihilangkan hanya kampasnya saja ya dan tidak berikut dengan dudukan kampasnya.

Bila kalian tidak ada gurinda, bisa gunakan amplas kasar, tang, dan gergaji besi. Caranya silahkan kalian fikirkan sendiri, atau bila belum jelas silahkan tanya pada komentar di bawah hehe.

Nah kampas yang sudah kita hilangkan bagian yang tidak termakan piringannya akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Kampas Rem Tidak Mencengkram Sempurna Karena Breket  Kaliper Variasi Tidak Presisi


Pada gambar di atas terlihat bahwa kampas rem jadi memiliki bentuk kampas yang berbeda karena bagian yang sebelumnya tidak termakan telah dihilangkan.

Nah sampai sini kami rasa kita sudah memiliki gambaran mengenai cara menghilangkan bagian kampas rem yang tidak termakan oleh piringan cakram karena braket kalipar variasi yang tidak presisi.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini. Akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Belum ada Komentar untuk "Kampas Rem Tidak Mencengkram Sempurna Karena Breket Kaliper Variasi Tidak Presisi"

Posting Komentar

Komentarnya Tuan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel