Akselerasi Motor Tiba-Tiba Loyo? Pakai Pembersih Injektor/ Karburator !!!


Akselerasi Motor Tiba-Tiba Loyo? Pakai Pembersih Injektor/ Karburator !!!


Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai tips atau cara untuk mengatasi akselerasi motor kita yang mulai loyo atau sudah kurang beringas lagi.


Sudah menjadi rahasia umum jika dalam periode atau waktu tertentu, akselerasi motor akan mengalami penurunan. Akselerasi ini menyangkut putaran bawah hingga menengah.

Sederhananya mungkin kita pernah merasakan saat motor kita di gas, tetapi ternyata torsinya kurang menggigit, padahal kampas kopling masih ajib.

Nah sebelumnya kita juga sudah bahas mengenai musim kemarau yang bisa berdampak pada akselerasi atau performa motor.

Dan kali ini masih ada hubungannya dengan artikel sebelumnya, namun dalam artikel ini kita akan langsung fokus pada salah satu tips untuk mengembalikan performa motor kesayangan kita terutama dalam sisi akselerasi.

Sobat satupiston.com, kita pahami dan yakini bahwa setiap sepeda motor memiliki saringan udara. Baik itu dalam motor injeksi maupun karbu, keduanya memiliki saringan udara. Karena dalam pebakaran bahan   bakar pada ruang bakar diperlukan udara dan udara tersebut perlu disaring agar tidak tercampur dengan kotoran semisal debu.

Biasanya dalam kurun  waktu tertentu, filter udara perlu diganti atau dibersihkan dikarenakan banyaknya debu yang menghalangi pori-pori filter udara.

Saat seperti itu, sudah tentu akselerasi motor akan tergangu karena suplai udara tidak lancar. Oleh karenanya kita perlu membuka fllter udara untuk membersihkan filter atau saringan udara dari debu-debu yang menempel.

Nah sekalian dari itu, untuk semakin memperbaiki akselerasi motor yang loyo, maka kita gunakan pembersih injektor atau karburator. Di pasaran sendiri banyak yang menjual barang tersebut dengan harga yang bervariatif.

Cara pemakaiannya sendiri cukup mudah, saat filter udara telah dibuka, maka selanjutnya kita nyalakan mesin motor kemudian kita semprotkan pembersih karbu atau injektor pada area lubang udara di wadah tepat filter udara.

Sembari menyemprotkan pembersih tersebut, ada baiknya mainkan gas motor agar cairan pembersih dapat tersedot ke area karbu atau injektor.

Nah lakukan atau semprot pembersih tersebut secukupnya. Setelah itu, pasang kembali filter udara pada tempatnya. Kemudian rasakan perbedaanya.

Memang bila pada motor dengan sistem karbu, ada baiknya sekalian dibersihkan karbunya. Namun bila tengah sibuk dan tak banyak waktu, maka menyemprotkan pembersih karbu atau injektor pada saluran udara di wadah filter udara kami rasa sudah cukup.

Cara tersebut sudah kami buktikan sebelumnya dan ternyata memang cukup signifikan berpengaruh untuk akselerasi motor. Namun efeknya mungkin tidak bertahan lama misal mingguan atau bulanan. Ya seperti kita mengganti oli lah, jadi dalam kurun waktu tertentu menjadi lebih baik namun pada beberapa momen akselerasi akan menurun kembali dan pada saat menurun tersebut kita harus kembali bersihkan filter udara dan karbu atau injektor.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini. Akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Belum ada Komentar untuk "Akselerasi Motor Tiba-Tiba Loyo? Pakai Pembersih Injektor/ Karburator !!!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel