Kemarau Panjang, Cek Komponen Motor Ini Biar Tidak Mogok Di Jalan


Kemarau Panjang, Cek Komponen Motor Ini Biar Tidak Mogok Di Jalan


Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel satupiston.com. Kali ini kita akan membahas mengenai komponen pada motor yang harus diperhatikan atau dicek lebih ekstra lagi pada saat musim kemarau agar motor tetap prima dan tidak mogok di jalan.


Sudah memasuki Bulan September 2019, dan musim atau cuaca di sebagian Indonesia masih panas atau kemarau. Selain susah air dan pada beberapa tempat masif sekali kebakaran lahan, nyatanya kemarau panjang juga memberikan beberapa dampak pada motor kita.

Sama seperti manusia, cuaca panas berlebih juga akan mempengaruhi performa motor. Bila dibiarkan atau diabaikan, maka ditakutkan akan membuat motor mogok dan menyusahkan kita di perjalanan.

Oleh sebab itu, yuk perhatikan beberapa komponen motor berikut yang amat rentan mengalami masalah ketika tengah menghadapi musim kemarau dan cuaca panas.

1. Rantai Motor

Komponen pertama yang harus diperhatikan pada musim kemarau adalah rantai motor yang menghubungkan gir depan pada kotak gir dan gir belakang pada roda motor. Pada motor metik mungkin tidak perlu diperhatikan karena komponen ini tidak ada, namun untuk motor manual yang menggunakan rantai sebagai komponen perpindahan daya, maka rantai harus diperhatikan lebih ekstra pada saat musim kemarau.

Kemarau panjang akan membuat intensitas debu meningkat, akibatnya debu sangat mungkin menempel pada rantai roda dan mengakibatkan rantai menjadi kaku, terlebih untuk rantai dengan sistem O ring dan X ring.

Selalu bersihkan dan lumasi rantai pada periode tertentu, misal tiga hari sekali. Hal ini bertujuan untuk memperpanjang umur rantai dan menghindari rantai putus di jalan.

2. Saringan atau Filter Udara

Yang kedua yang tak kalah penting dan masih berhubungan dengan debu pada musim kemarau. Filter atau saringan udara pada motor keluaran sekarang biasanya terletak di bawah jok depan, namun hal tersebut disesuaikan lagi dengan jenis motor.

Filter udara biasanya berbentuk kotak atau persegi yang saringannya terbuat dari kertas yang bertujuan untuk menyaring udara agar bersih sebelum masuk injektor atau karburator. Biasanya filter udara akan diwadahi dengan plastik kotak, dan diikat dengan beberapa baut atau skrup.

Penting untuk selalu membersihkan filter udara pada saat musim kemarau, karena terbukti pada saat musim kemarau, intensitas debu pada filter udara menjadi meningkat. Efeknya adalah pada bagian saringannya akan ditutupi oleh debu sehingga aliran udara akan terbatas dan tersendat. Selain itu, dikhawatirkan debu pada filter udara yang mengendap akan masuk ke bagian karbu atau injektor. Bila sudah demikian, maka secara perlahan akan menyababkan motor menjadi bermasalah bahkan mogok.

3. Oli

Yang ketiga adalah oli. Suhu yang tinggi pada saat musim kemarau akan mengakibatkan suhu pada motor juga ikut tinggi. Tak ayal pula jika pada saat musim kemarau, kemungkinan untuk over heat atau panas berlebih menjadi lebih tinggi.

Selalu periksa dan cek kualitas serta kekentalan oli, terlebih bila motor dipakai untuk harian. Bila dipakai untuk harian, maka selalu ganti oli tepat pada waktu atau peruntukannya.

4. Cairan Pendingin atau Air Radiator

Masih berkaitan dengan suhu yang tinggi, untuk motor keluaran sekarang rasanya sudah banyak yang menggunakan mesin dengan pendingin air dan bukan dengan pendingin udara. Karena mesin tidak bersirip dan mesin didinginkan dengan menggunakan carian atau air radiator, maka kita harus menjaga kondisi atau volume air radiator pada motor.

Sekali lagi hal tersebut bertujuan agar motor tidak mengalami panas berlebih dan menyebabkan motor mogok di jalan. Tentunya penggunaan oli yang baik juga harus didukung dengan kondisi pendinginan mesin yang maksimal. Oleh sebab itu, pada saat musim kemarau seperti sekarang, maka penting untuk terus menjaga kondisi air radiator.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, semoga bernfaat dan akhir kata sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Belum ada Komentar untuk "Kemarau Panjang, Cek Komponen Motor Ini Biar Tidak Mogok Di Jalan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel