Kopling Motor Sebelah Mana? Simak Ini Lads!

Daftar Isi [Tampil]

 Satupiston.com - Assalamu'alaikum. Kopling motor itu sebelah mana sih? Simak pembahasannya di sini! Sebab kita akan mengenalkan bagian blok kopling dan tuas kopling.

Kopling Motor Sebelah Mana? Simak Ini Lads!
KLX 150 SE

Blok kopling pada mesin motor umumnya terletak di sebelah kanan. Bentuknya biasanya lingkaran dan lebih besar dibandingkan blok spul yang ada di sebelah kiri. 


Desain ini membuatnya mudah dikenali dan diakses oleh mekanik. Di sebuah bengkel di Cililin, Bandung Barat, Erik, seorang pegawai bengkel, memberikan penjelasan lebih lanjut. 


Menurutnya, lokasi ini dipilih karena efisiensi distribusi tenaga dari mesin ke roda belakang. Blok kopling harus kuat dan kokoh untuk menangani tugas berat ini.


Erik juga menunjukkan beberapa contoh motor dengan desain blok kopling yang khas. Ia menjelaskan bahwa pada sebagian besar motor bebek dan sport, posisi ini konsisten. 


Hal ini membantu dalam standar perawatan dan perbaikan. Saat sedang bekerja, Erik sering menunjukkan kepada pelanggan perbedaan antara blok kopling dan blok spul. 


“Blok kopling yang lebih besar ini memerlukan perawatan lebih karena perannya yang vital,” ujarnya sambil menunjukkan beberapa blok kopling yang sedang diperbaiki.


Fungsi dan Peran Tuas Kopling

Tuas kopling sendiri biasanya terletak di sebelah kiri setang motor. Sementara tuas rem ada di sebelah kanan. 


Penempatan ini memiliki alasan tersendiri. Erik menjelaskan bahwa tuas kopling harus mudah dijangkau oleh tangan kiri pengendara. 


Ini karena tangan kanan perlu bebas untuk mengendalikan gas dan rem depan. Pengendara motor, terutama pemula, sering merasa bingung dengan letak tuas ini. 


“Saat pertama kali belajar motor, banyak yang salah menekan tuas kopling dan rem,” kata Erik. Oleh karena itu, penting untuk memahami fungsi dan penempatan tuas ini agar berkendara lebih aman.


Di bengkel Erik, banyak pelanggan yang datang dengan keluhan tentang tuas kopling yang keras atau tidak responsif. 


Masalah ini seringkali disebabkan oleh kabel kopling yang sudah aus atau perlu dilumasi. “Pelanggan sering tidak sadar bahwa kabel kopling perlu diganti secara berkala,” jelas Erik. 


Dengan perawatan yang tepat, tuas kopling dapat berfungsi dengan baik dan mengurangi risiko kecelakaan.


Perawatan dan Penyebab Kerusakan Kopling

Perawatan kopling motor sangat penting untuk menjaga kinerjanya. Blok kopling yang kotor atau aus dapat menyebabkan masalah serius pada performa motor. 


Di bengkel Cililin, Erik sering menangani kasus-kasus seperti ini. Menurutnya, penyebab utama kerusakan kopling adalah kurangnya perawatan rutin. 


“Sering kali pengguna motor lupa untuk memeriksa kondisi kopling mereka,” kata Erik. Padahal, pemeriksaan rutin dapat mencegah kerusakan yang lebih parah dan mahal.


Erik menyarankan agar pengguna motor selalu memperhatikan tanda-tanda kerusakan kopling. Jika kopling selip atau sulit digunakan, segera periksa ke bengkel. 


“Jangan tunggu sampai kopling benar-benar rusak,” tegasnya. Selain itu, penggunaan oli yang tepat juga sangat mempengaruhi kinerja kopling. 


Erik selalu merekomendasikan oli berkualitas untuk pelanggannya. Menurutnya, oli yang baik dapat memperpanjang usia kopling dan mengurangi risiko kerusakan.

Wassalamu'alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Berikan Komentar Anda Untuk Artikel "Kopling Motor Sebelah Mana? Simak Ini Lads!"

Posting Komentar

Komentarnya Tuan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

  Ikuti Kami di  -Google News-

 ⚠  Iklan  ⚠ 

Iklan Tengah Artikel 2


 ⚠  Iklan  ⚠ 

Iklan Bawah Artikel

 ⚠  Iklan  ⚠ 

Suka dengan artikel Satupiston.com? Jangan lupa subscribe kami di Youtube :)