Grand Filano Berapa cc ??

Grand Filano berapa cc? Motor anyar dari Yamaha ini memang masih menyimpan banyak pertanyaan. Sehingga pertanyaan-pertanyaan tersebut akan kami jawab di artikel ini.

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai Yamaha Grand Filano.

 

Honda Scoopy nampaknya masih terlalu tangguh untuk ditaklukan. Segmen Honda Scoopy memang nampak lebih dominan ketimbang Yamaha Fino atau Fazzio sekali pun.

 

Untuk itu, nampak Yamaha mencoba menghadirkan motor-motor matic dengan gaya klasik baru guna merebut kembali pasar yang dipegang oleh Honda lewat Scoopy.

 

Bagaimana dengan Vespa? Untuk Vespa punya segmen tersendiri, di mana yang membelinya lebih tertarik dengan nilai histori dan juga harganya.

 

Bahkan jika mau jujur, itu pula yang jadi keunggulan dari Vespa, di mana menjunjung tinggi nilai-nilai sejarah.

 

Ini pula yang membedakan antara Piaggio dan juga Vespa, di mana Piaggio lebih terbuka akan teknologi dan desain (Vespa sendiri masih ada di bawah naungan perusahaan Piaggio).

 

Grand Filano Berapa cc?

Grand Filano Berapa cc ??


Sudah cukup ngalor-ngidulnya, kita kembali ke Yamaha Grand Filano, di mana motor yang satu ini dibekali dengan kubikasi mesin sebesar 124,86 cc atau ada dikelas 125 cc jika dibulatkan.

 

Yamaha memang lebih tertarik memasangkan mesin 125 cc pada motor matic-nya.

 

Ini bisa dilihat dari motor matic Yamaha mulai dari Mio M3, Fino 125, Freego, hingga Fazzio yang dibekali dengan kubikasi mesin sebesar 125 cc.

 

Diameter Piston dan Langkah Piston Grand Filano Berapa?

Pertanyaan selanjutnya yang membayangi ketika mengorek suatu mesin motor adalah mengenai bagaimana komposisi diameter dan langkah pistonya?

 

Atau dalam bahasa yang lebih keren disebut sebagai bore x stroke dari suatu engine motor.

 

Yamaha Grand Filano sendiri mengusung diameter piston sebesar 52,4 mm, sedangkan langkah pistonnya adalah sebesar 57,9 mm.

 

Jadi sudah jelas, mesin yang diusung adalah overstroke atau lebih “besar” langkah pistonnya ketimbang diameter pistonnya.

 

Mesin ini sendiri memang lumrah ditemui pada motor matic, bebek, hingga trail.

 

Di mana karakter mesin overstroke biasanya lebih nendang di putaran bawah, meski pun harus dibayar dengan nafas motor di putaran menengah ke atas yang cenderung pendek.

 

Namun itu baru karakter mesin, sebab beberapa settingan seperti pada ECU dan knalpot bisa membuat tarikan motor bisa lebih balance atau bahkan berkebalikan dengan patokan awal.

 

Apakah Grand Filano Sudah Pakai Radiator?

Pertanyaan lainnya adalah apakah Yamaha Grand Filano pakai radiator atau sistem pendingin cairan?

 

Jawabannya adalah tidak, sebab Grand Filano masih mengusung sistem pendingin udara.

 

Mungkin ini demi menjaga kesan klasik dari motor ini, di mana selain dari pada belum mesang sistem pendingin radiator, Grand Filano juga belum mengusung sistem rem cakram di bagian velg belakangnya.

 

Namun meski begitu, rem depan dari Grand Filano sudah mengusung sistem cakram.

 

Bicara soal mesin, motor Grand Filano ini mengusung mesin 4 langkah dengan sistem camshaft SOHC.

 

Daya terbaik dari motor ini adalah sebesar 6,1 kW pada 6500 RPM. Sedangkan torsi terbaiknya ada di angka 10,4 Nm pada 5000 RPM.

 

Bagaimana dengan artikel kali ini? Apakah sudah memberikan wawasan baru pada kalian?

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



x