1 Digit Sama dengan Berapa Juta ?? Bingung Kan?

1 Digit sama dengan berapa juta sih? Bikin bingung kan? Sebab antara teori dan praktik penggunaan benar-benar berbeda sehingga membuat beberapa orang menjadi pusing sendiri.

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai digit.

 

Apa sih itu digit? Digit merupakan kosa-kata yang berasal dari bahasa Latin kuni yakni digita yang artinya adalah 10 jari tangan yang menggambarkan nomor pada notasi posisional di sistem bilangan.

 

Atau dalam bahasa yang lebih sederhana, digit itu adalah angka misal 0 sampai 9 (berlaku penggabungannya misalnya saja 10 yakni 1 dan 0, 90 yakni 9 dan 0).

 

1 Digit Sama Dengan Berapa Juta ??

1 Digit Sama dengan Berapa Juta ?? Bingung Kan?


Jadi sekarang, 1 digit itu berapa? Jika terpaku pada definisi di atas,  maka 1 digit ya satu angka misalnya saja 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9.

 

Tetapi konteksnya adalah juta yang biasanya merujuk pada harga barang hingga nominal gaji.

 

Jadi berapa? Karena sudah dapat bocoran atau klu yakni “juta”, maka kita ambil lagi angka satu digit yakni dari 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9.

 

Di mana tinggal tambakan saja kata juta dibelakangnya atau 000.000.

 

Jadi 1 digit itu dimulai dari sejuta hingga 9 juta sekian yang masih di bawah 10 juta (10 juta sudah masuk ke dua digit).

 

Untuk angka pasnya berapa? Tidak ada angka pasnya jika hanya diberi tahu 1 digit saja. Sebab seperti yang disebutkan di atas, 1 digit ini mulai dari 1 juta hingga 9 juta sekian.

 

Biasanya penggunaan kata 1 digit, 2 digit dan seterusnya ini masih bersifat untuk “merendah” atau menjaga privasi.

 

Misal jika ada seseorang bertanya di tempat ramai mengenai gaji kita, lalu kita jawab saja gaji kita hanya 1 digit.

 

Ya, 1 digit ini pun masih penuh dengan tanda tanya karena bisa di antara 1 hingga 9 jutaan.

 

1 Digit dalam Nominal Uang

Dalam nominal uang, biasanya penggunaan kata atau istilah digit ini sering merujuk pada makna yang “kiasan” atau tidak sebenarnya.

 

Misalnya seperti contoh di atas di mana gaji seseorang hanya 1 digit saja.

 

Padahal 1 digit itu sama dengan satu angka yang bahkan uang di Indonesia nominal terkecilnya adalah Rp. 100 atau sudah 3 digit.

 

Oleh karenanya jika ada yang mengatakan gajinya hanya 1 digit atau 2 digit, maka jangan menganggap benar-benar di jumlah digit tersebut.

 

Pasalnya ada “juta” yang kerap tidak dimasukan pada istilah tersebut sehingga membuat pemaknaan yang keliru bagi kita yang baru dengar.

 

Tetapi agak ngeri juga sih jika bertanya gaji yang 1 digit kemudian kita sebut sebagai 7 digit (misal 1 juta yang angkanya adalah 1.000.000).

 

Jika hanya jutaan sih masih oke disebut sebagai 7 digit, tetapi jika sudah sampai miliaran? Tentu digit yang harus disebutkan menjadi lebih banyak lagi.

 

Untuk itu, jangan heran jika di Indonesia kadang nominal jutaan ini hanya disebut sebagai 1 digit saja.

 

Sedangkan untuk belasan ke puluhan juta disebut sebagai 2 digit dan begitu seterusnya (yang diambil hanya angka setelah juta atau 000.000).

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



x