Ukuran Venturi Karbu Supra X 125 Standar

Ukuran venturi karbu Supra X 125 standar itu berapa mm? Supra X 125 merupakan salah satu motor bebek handal dari Honda yang hingga kini masih dipasarkan meski dengan sistem pengabutan bahan bakar yang berbeda.

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. kali ini kita akan membahas mengenai karbu Supra X 125.

 

Supra X 125 jadi salah satu motor yang sukses di pasarkan di Indonesia pada masanya.

 

Ya meski pun untuk era sekarang, cukup susah untuk Supra X 125 bahkan motor bebek lain untuk dipasarkan di Indonesia.

 

Pasalnya data mencatat jika penjualan motor matic sangat mendominasi bahkan mendekati angka 90% dan sisa 10%-nya diperebutkan oleh motor bebek dan sport.

 

Data tersebut setidaknya bertahan hingga beberapa tahun terakhir, di mana secara umum memang motor matic tengah laku keras di Indonesia.

 

Ukuran Venturi Karbu Supra X 125 Standar

Bicara meneganai karbu Supra X 125, setidaknya diameter venturinya adalah sebesar 18 mm dengan karbu bawaan yakni Keihin PB 18.

 

Karbu dari Supra X 125 ini tidak sama dengan Supra X yang kubikasi mesinnya di bawah 125 cc atau pun dengan Supra Fit 100 yang cc-nya memang berbeda juga.

 

Persamaan karbu dari Honda Supra X 125 adalah sama dengan Honda Kirana dan juga Honda Kharisma.

 

Ukuran Reamer Karbu PB 18

Ukuran Venturi Karbu Supra X 125 Standar

Karbu dengan ukuran 18 mm pada venturinya ini masih bisa direamer atau diperbesar ukuran venturinya dengan alat dan metode khusus.

 

Namun tentunya melakukan reamer ini ada batas ukurannya, di mana meski bisa dinaikan dengan cukup tinggi, namun banyak yang mengambil angka aman yakni menaikan di angka 2 mm saja.

 

Jadi setidaknya karbu PB 18 ini bisa dinaikan  ukuran venturinya dengan reamer hingga di angka aman 20 mm.

 

Namun sebelum melakukan reamer, tentu harus memperhatikan beberapa ketentuan seperti dengan melakukan reamer, maka karbu tidak akan bisa distandarkan lagi karena karbu sudah dipapas.

 

Selain itu, reamer ini bisa meningkatkan asupan terlebih udara pada karbu, sehingga perlu ada settingan ulang pada karbu atau pun mesin hingga sistem pengapian.

 

Jadi jika tidak ada keperluan atau kebutuhan, jangan ganti karbu atau pun melakukan reamer karbu karena efeknya bisa membuat kita harus mengubah settingan di mesin dan karbu itu sendiri.

 

Supra X 125 Cocok Pakai Karbu PE 24?

Ini adalah salah satu pertanyaan yang banyak ditanyakan, di mana apakah Supra X 125 karbu cocok pakai karbu PE 24?

 

Jika melihat dari ukuran venturi karbu Supra X 125 standar yang 18 mm, maka menaikan atau mengganti karbu ke PE 24 yang mengusung venturi 24 mm terbilang cukup merepotkan.

 

Sebab settingan yang nantinya dilakukan akan cukup banyak termasuk mengubah manipold.

 

Jadi jika mesin masih standaran, maka akan berpotensi jadi lebih boros dan bahkan akan membuat pembakaran tidak sempurna di mesin.

 

Yang biasa dilakukan jika memaksa memakai karbu PE 24 salah satunya adalah dengan mengupgrade juga sistem pengapian, mencopot filter udara, hingga mengubah PJ MJ ke ukuran yang lebih kecil.

 

Tetapi tiap Supra  X 125 bisa membutuhkan settingan yang berbeda-beda sesuai kondisi mesin.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....



x