Rice Cooker Mengubah Energi Listrik Menjadi Energi Ini

Rice cooker mengubah energi listrik menjadi energi apa? Rice cooker atau disebut juga sebagai penanak nasi merupakan salah satu alat rumah tangga yang banyak digunakan di Indonesia.

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. kali ini kita akan membahas mengenai penanak nasi.

 

Di era modern seperti sekarang terlebih di daerah perkotaan, sudah sangat jarang ada keluarga yang menanak nasi dengan cara manual.

 

Rice cooker sudah banyak digunakan sebagai penanak nasi karena lebih praktis dan simpel, bahkan penanak nasi ini juga digunakan di banyak rumah makan.

 

Rice Cooker Mengubah Energi Listrik Menjadi Energi Ini

Rice Cooker Mengubah Energi Listrik Menjadi Energi Ini

Penanak nasi mengubah energi listrik menjadi energi panas. Di mana, panas yang dihasilkan oleh penanak nasi bisa beragam tergantung spesifikasi hingga mode yang digunakan.

 

Mode “memasak” punya panas yang lebih besar ketimbang mode menghangatkan. Ini karena jika keduanya dibuat sama suhu panasnya, maka saat memasak nasi bisa tidak matang atau saat menghangatkan nasi bisa gosong.

 

Perlu diperhatikan jika rice cooker ini biasanya butuh daya listrik yang besar, terlebih saat hendak memasak nasi.

 

Biasanya alat elektronik yang menghasilkan panas bersuhu tinggi butuh asupan energi listrik yang besar.

 

Contohnya saja seperti setrika listrik, rice cooker, hingga kompor listrik. Semakin panas suhu yang dibutuhkan, maka daya listrik yang dibutuhkan juga akan semakin besar.

 

Oleh karenanya, tidak heran jika beberapa kesempatan, listrik di rumah bisa mati ketika tengah memasak nasi.

 

Ini karena kebutuhan energi listrik pada rice cooker yang tengah memasak nasi sangat besar, apalagi jika dibarengi dengan tindakan sambil menyetrika.

 

Contoh Alat Lain Yang Mengubah Energi Listrik Menjadi Energi Panas

Contoh alat lain yang mengubah energi listrik menjadi energi panas di antaranya adalah setrika listrik, oven listrik, pemanas air, hingga solder listrik.

 

Alat-alat yang disebutkan di atas bisa menkonversikan energi listrik menjadi energi panas yang bisa berguna untuk kebutuhan sehari-hari.

 

Namun seperti yang disebutkan sebelumnya, semakin tinggi suhu yang dibutuhkan, maka asupan listrik pun akan semakin besar.

 

Jadi bijaklah dalam menggunakan alat-alat yang disebutkan di atas. Sebab penggunaan alat-alat yang membutuhkan daya listrik besar secara berbarengan bisa membuat tagihan listrik membengkak hingga listrik di rumah yang mati kaerna tidak kuat dengan permintaan daya listrik.

 

Sumber Energi Listtrik Rice Cooker

Secara umum, rice cooker yang dijual di pasaran biasanya menggunakan energi listrik berarus AC yang bisa langsung dicolokan ke sumber listrik di rumah.

 

Namun ada juga rice cooker portable yang biasanya menggunakan listrik DC dan menggunakan baterai khusus.

 

Untuk yang menggunakan baterai, biasanya penggunannnya tidak sesering yang menggunakan listrik berarus AC.

 

sebab rice cooker portable yang menggunakan baterai biasanya hanya digunakan untuk kepelruan tertentu, misal untuk berkemah.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....