4 Perbedaan Filter Oli Vixion dan Scorpio

Perbedaan filter oli Viixon dan Scorpio terletak di aspek apa saja? Filter oli dari Scorpio dan Vixion memang sama, namun ada perbedaannya. Untuk itu, mari kita bahas di sini.

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. kali ini kita akan membahas mengenai filter oli Vixion vs Scorpio.

 

Sejujurnya, sudah cukup sulit untuk menemukan filter oli dari Scorpio. Oleh karenanya, jangan heran jika kebanyakan orang akan menggunakan filter oli Vixion pada Scorpio.

 

Meski bisa ditukar pakai, namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok dan kami rasa akan membuat kalian berpikir ulang saat hendak menggunakan salah satu di antaranya.

 

Lalu, apa saja perbedaan filter oli Vixion dan Scorpio? Ini Jawabannya:

1. Perbedaan Harga Filter Oli Vixion dan Scorpio

Yang pertama adalah mengenai perbedaan harga, di mana perbedaan harganya cukup kontras.

 

Bagaimana tidak? Filter oli dari Scorpio bisa berharga sampai 140 ribuan. Sedangkan filter oli Vixion hanya berkisar 30 ribuan saja.

 

Karena alasan ini, banyak pengguna Scorpio yang menggunakan filter oli Vixion. Selain karena stoknya yang cenderung lebih banyak, harganya pun lebih murah.

 

Namun jangan salah, ada juga pengguna Vixion yang memilih menggunakan filter oli dari Scorpio. Apa tujuannya?

 

2. Perbedaan Bahan Saringan

Yang kedua adalah perbedaan bahan saringan, di mana filter oli bawaan dari Vixion menggunakan saringan dari kertas.

 

Sedangkan filter oli dari Scorpio menggunakan saringan dengan bahan baku nylon yang punya kerapatan saringan lebih halus dan juga lebih kuat.

 

3. Perbedaan Usia Pakai

Menyambung akhir paragraf di poin nomor 1, di mana banyak pengguna Vixion menggunakan filter oli dari Scorpio meski harganya mahal.

 

Kenapa? Sebab filter oli Vixion maksimal usia pakainya hanya 10.000 Km saja dan harus diganti setelahnya.

 

Sedangkan untuk filter oli dari Scorpio, usia pakainya lebih awet dan di angka 10.000 Km hanya perlu dibersihkan saja selama bagian saringan tidak sobek.

 

Jadi, usia pakai filter oli Scorpio berapa Km? usia pakainya cenderung tidak terbatas, selama bagian saringannya tidak sobek atau rusak.

 

Di sini, kerusakan pada saringan filter oli selain dari pada penggunaan juga bisa diakibatkan karena proses pembongkaran filter oli itu sendiri.

 

Jadi jika filter oli Vixion hanya bisa sampai 10.000 Km, maka yang Scorpio bisa saja bertahan lebih dari 100.000 Km.

 

4. Perbedaan Kode Part

Yang keempat adalah perbedaan kode part, di mana saringan oli dari Scorpio punya kode part 1UY-13440-02.

 

Sedangkan untuk Vixion ada 2 varian kode part yang mengacu pada item yang sama, 2 kode part tersebut adalah 1S7-E3440-00 serta 38B-E3440-00.

 

Fungsi Filter Oli Motor

Perbedaan Filter Oli Vixion dan Scorpio

Filter oli atau saringan oli adalah salah satu komponen penting pada sepeda motor. Meski tidak semua motor menggunakan jenis dan bentuk filter oli yang sama, namun untuk era sekarang, terlebih motor berkopling manual dan semi otomatis, sudah banyak yang mengaplikasikan filter oli.

 

Pada mesin berjenis 4 tak non matic, oli mesin bertugas untuk melumasi bagian transmisi atau kopling hingga ke ruang bakar.

 

Umumnya, bagian kopling ini cenderung lebih kotor dari bagian ruang bakar. Sebab, kampas kopling memang mudah rontok saat digunakan.

 

Hal ini pula yang menyebabkan kenapa oli mesin harus disaring terlebih dahulu sebelum masuk ke ruang bakar.

 

Jika sampai oli yang kotor dan banyak serpihannya masuk ke ruang bakar, maka bisa berpotensi membuat ring piston aus dan dinding silinder baret.

 

Oleh karenanya untuk meminimalisir kerusakan yang mahal tersebut, maka ada yang namanya filter oli yang harus dibersihkan secara rutin dan juga diganti secara rutin.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....



x