PCX Untuk Orang Pendek, Bisa Aplikasikan Ini!

PCX untuk orang pendek? Kita bisa aplikasikan beberapa modifikasi pada motor PCX 150 ataupun PCX 160 agar bisa lebih sesuai dan ideal dengan tinggi badan kita.

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. kali ini kita akan membahas mengenai modifikasi PCX 150 atau 160 untuk orang pendek.

 

Bukan bermaksud memandang fisik, namun pertanyaan ini karep ditanyakan pada “kami” dan pada akhirnya kami pun mencoba menjawabnya.

 

PCX Untuk Orang Pendek, Bisa Aplikasikan Ini!
PCX 150

Dulu, ketinggian suatu motor nyaris sama. Namun di era sekarang di mana genre model motor terus berkembang, maka banyak ketinggian motor yang berbeda-beda.

 

Untuk motor seperti PCX sendiri, sebenarnya tinggi motornya tidak terlalu tinggi-tinggi amat. Namun karena joknya yang lebar, maka tidak heran banyak yang jinjit menggunakan motor ini.

 

Atas dasar tersebut, kami coba bisikan beberapa modifikasi PCX untuk orang yang kurang tinggi, yakni:

1. Gunakan Lowering Kit Biar PCX Pas untuk Orang Pendek

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan lowering kit atau penurun suspensi belakang.

 

Lowering kit ini layaknya anting-anting pada shocbreaker belakang, namun fungsinya bukan meninggikan melainkan sebalknya yakni menurunkan.

 

Namun sayangnya nih, masih terbatas sekali yang menjual lowering kit untuk PCX 150 atau pun PCX 160.

 

 

Sehingga, mungkin kita perlu melakukan custom dalam hal pembuatan lowering kit untuk motor PCX kesayangan kita.

 

2. Mengganti Shockbreaker Belakang Motor

Ada opsi yang cukup menguras dompet yakni mengganti shockbreaker belakang motot PCX.

 

Tentu saja, menggantinya dengan shock belakang yang lebih pendek, di mana biasanya ada produk aftermarket yang menjual shock belakang dengan ukuran yang lebih pendek.

 

Atau jika ingin ambil dari motor lain, kita bisa gunakan suspensi belakang dari Nmax 155 yang lebih pendek sekitar 1 – 2 cm dari suspensi belakang PCX.

 

Sedangkan jika ingin lebih pendek lagi, kita bisa gunakan suspensi belakang dari Aerox yang memiliki ukuran lebih pendek hingga 4 cm.

 

Tentunya, suspensi belakang dari Nmax atau pun Aerox ini tidak bisa langsung dipasangkan pada PCX, sebab harus ada ubahan yakni mengganti boshing pada suspensi Aerox atau Nmax tersebut agar ukurannya sesuai dengan dudukan dan baut dari motor PCX.

 

3. Menurunkan Ketinggian Shock Depan

Selain di sektor shock belakang, kita juga bisa menurunkan suspensi depan dari motor PCX setidaknya 2 hingga 3 cm.

 

Dibandingkan dengan suspensi belakang, menurunkan suspensi depan cenderung lebih mudah karena tinggal menggunakan kunci-kunci saja untuk melonggarkan baut, menurunkan suspensi depan, lalu mengencangkan kembali baut pengunci shock depan pada clam segitiga.

 

4. Memodifikasi Suspensi Belakang

Ini adalah cara yang sebenarnya tidak begitu direkomendasikan, sebab bisa menggugurkan garansi dari suspensi belakang itu sendiri.

 

Selain itu, tenaga ahli untuk melakukan modifikasi ini cenderung terbatas. Jadi opsi realistisnya sih mending beli shock baru yang yang lebih pendek.

 

Jadi ada aliran modifikasi di mana suspenisi belakang dimodifikasi baik itu dengan dipapas atau distel ulang agar lebih empuk hingga lebih pendek.

 

Namun tentunya, kenyamanan dan fungsi dari suspensi belakang itu sendiri bisa jadi jauh berkurang.

 

5. Memapas Busa Jok Motor

Langkah lain yang bisa diambil adalah dengan memapas busa jok motor, di mana ini bisa dilakukan ke tukang jok motor.

 

Entah itu menipiskan busa atau merampingkan busa jok, namun langkah ini bisa diambil untuk setidaknya menurunkan ketinggian jok hingga 3 cm.

 

Namun ada harga yang harus dibayar, yakni selain biaya jasa, juga ada kenyamanan pada jok itu sendiri jika dipapas terlalu tipis.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....



x