Apakah Nama di STNK dan BPKB Berbeda ??? Ini Jawabannya

Apakah nama di STNK dan BPKB berbeda? Ini harus dipahami bersama agar kita sama-sama meminimalisir adanya kesalahan dalam mengurus STNK atau pun BPKB.

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. kali ini kita akan membahas mengenai nama di STNK dan BPKB beda atau sama?

 

Nama di sini bisa merujuk banyak hal, misal nama kendaraan atau pun nama pemilik.  Namun biasanya, nama di sini merujuk pada nama pemilik kendaraan bermotor.

 

Seperti yang kita ketahui bersama, kendaraan bermotor yang sah yang digunakan di jalan secara umum adalah kendaraan yang punya STNK dan BPKB.

 

Kebanyakan, STNK dan BPKB ini memiliki data-data yang akur sehingga jika ada satu perbedaan data, maka akan membuat kita menjadi kebingungan dan khawatir.

 

Apakah Nama di STNK dan BPKB Berbeda?

Apakah Nama di STNK dan BPKB Berbeda ??? Ini Jawabannya

Nama pemilik di STNK serta di BPKB harus sama, tidak boleh berbeda. Jika sampai berbeda, maka ada salah satunya yang salah atau palsu.

 

STNK adalah identitas kendaraan dan identitas pembayaran pajak kendaraan bermotor yang wajib dibawa setiap membawa kendaraan yang bersangkutan.

 

Sedangkan BPKB ibarat akte yang memiliki nilai serta menjadi bukti paling kuat kepemilikan suatu kendaraan bermotor.

 

BPKB biasanya akan disimpan di tempat aman di rumah atau di mana pun itu, namun di beberapa kesempatan, BPKB akan dibawa.

 

Misalnya saja saat hendak bayar pajak 5 tahunan untuk ganti kaleng, menjaminkan BPKB ke lembaga keuangan, hingga saat hendak mutasi kendaraan bermotor.

 

Kenapa Ada Perbedaan Data di STNK serta BPKB?

Seperti yang dibahas sebelumnya, data di BPKB serta di STNK itu harus dan wajib sama. Jika tidak, maka bisa membuat kebingungan dan ketidaksahan di kemudian hari.

 

Adapun, berikut ada beberapa penyebab dari berbedanya data di STNK serta BPKB, yakni:

1. Typo

Typo, salah ketik, atau salah input bisa jadi salah satu penyebab kenapa nama di STNK serta di BPKB bisa berbeda.

 

Namun biasanya, perbedaan akibat typo tidak terlalu jauh, misal nama pemilik adalah Irfan yang bisa saja tertulis jadi Irpan atau Irvan.

 

Sedangkan jika namanya terlampau jauh, bisa jadi ada kesalahan yang lebih fatal lagi.

 

2. Data Tertukar

Misal ada nama yang hampir mirip dan kendaraan yang digunakan pun merek-nya sama, ini pun bisa jadi salah satu penyebab beda nama di STNK dan BPKB.

 

Jika data tertukar, jelas data-data yang tersaji di STNK serta di BPKB sama sekali tidak akur mulai dari nomor mesin, nomor rangka, nama, hingga alamat pemilik.

 

3. Salah Satu Ada Yang Palsu

Kami menemukan kasus di mana data antara BPKB dan STNK nyaris sama kecuali nama pemiliknya. Bisa jadi, ini adalah salah satu modus penipuan.

 

Untuk itu, sebaiknya tidak membeli kendaraan yang data di STNK dan BPKB-nya berbeda.

 

4. Kendaraan Balik Nama, Tapi

Saat balik nama, nama dan alamat pemilik yang lama akan digantikan dan diganti dengan nama dan alamat pemilik yang baru.

 

Harusnya, saat balik nama atau mutasi, data baru yang di-update tidak ada perbedaan. Namun jika sampai ada perbedaan, bisa jadi ada kelalaian dari salah satu pihak.

 

Misalnya saja balik lagi ke poin satu, yakni petugas yang lalai dalam input nama pemilik baru. Jadi alamat di BPKB sudah update, namun nama pemiliknya tidak ter-update dengan baik.

 

Namun apa pun itu, sebaiknya jangan membeli kendaraan yang data di STNK dan BPKB-nya berbeda.

 

Jika penasaran, kita juga bisa cek ke Samsat tempat diterbitkannya STNK dan BPKB untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada STNK dan BPKB yang bersangkutan.

 

Apakah ada yang palsu? Salah input? Atau apa? Tetapi hati-hati juga, jika sampai sudah terbeli dan ternyata itu adalah kendaraan “gelap”, bisa saja kendaraan akan disita dan kita malah dipenjara karena diduga sebagai penadah barang curian atau bahkan komplotan pencuri kendaraan.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....



x