Pengganti Oli Samping Darurat, Minyak Goreng Boleh Dicoba?

SATUPISTON.COM – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai penggi oli samping darurat untuk motor 2 tak.

 

Motor 2 tak atau 2 langkah adalah salah satu motor yang pernah ngehits di eranya, bahkan untuk motor seperti RX King, hingga kini masih eksis keberadaannya.

 

Bicara mengenai mesin dari motor 2 tak, motor dengan tipe mesin 2 tak perlu yang namanya oli samping.

 

Di mana oli samping ini tidak digunakan pada motor berjenis 4 tak karena memiliki kontruksi mesin yang berbeda dengan mesin motor berjenis 2 tak.

 

Mesin berjenis 2 tak jelas perlu yang namanya oli samping, pasalnya oli samping ini akan melumasi bagian ruang bakar  saat adanya proses pembakaran.

 

Karena fungsinya tersebut, maka tidak heran oli samping ini penting perannya guna memperpanjang umur mesin hingga mencegah baret dan panas berlebih pada mesin.

 

Adapun oli samping memang idealnya menggunakan yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan motor.

 

Namun tidak jarang, oli samping ini langka karena memang tidak semua bengkel motor masih menyediakan oli samping.

 

Kenapa? Sebab tiap tahun motor berjenis 2 tak semakin sedikit karena memang sudah tidak diproduksi lagi karena terbentur regulasi.

 

Jadi bagaimana dong?

 

Pengganti Oli Samping Darurat

Pengganti Oli Samping Darurat, Minyak Goreng Boleh Dicoba?
Sumber gambar: Tokopedia

Pengganti oli sampiing darurat untuk mesin motor 2 tak biasanya adalah minyak goreng yang biasa dijual di pasaran dan stoknya cenderung lebih mudah ditemui di mana-mana.

 

Namun tentu saja, karena minyak goreng tidak diperuntukan untuk mesin, maka penggunaannya dibatasi dan hanya digunakan jika dalam keadaan mendesak atau darurat saja.

 

Alasan Penggunaan Oli Samping Minyak Goreng Sebaiknya Dihindari

Meski bisa digunakan untuk pengganti oli samping dalam keadaan darurat, namun penggunaan minyak goreng ini sebaiknya dihindari.

 

Kenapa demikian? Ya sebab tadi, minyak goreng memang tidak diperuntukan untuk mesin motor.

 

Selain itu di isu terbaru, minyak goreng langka dan harganya mahal, jadi kita harus pikir berulang kali jika menggunakan minyak goreng untuk oli samping (jika tidak dalam keadaan darurat).

 

Dari sisi ilmiahnya, minyak goreng ini biasanya punya kekentalan yang lebih encer dari oli samping, alhasil bisa membuat mesin motor jadi lebih panas dan dalam jangka waktu lama bisa membuat adanya kerak.

 

Dan ingat juga jika oli samping ini tidak memiliki zat aditif yang biasa terdapat pada oli untuk mesin motor pada umumnya.

 

Jadi dapat dibilang, minyak goreng memang bisa digunakan tapi dengan penggunaan yang terbatas dan jika dalam keadaan darurat saja.

 

Perlu diingat jika mesin 2 tak ini perlu ada yang namanya oli samping agar tidak terjadi overheat pada mesin dan membuat seher menjadi ceket.

 

Namun jikalau pun penggunaan minyak goreng dibiasakan sebagai pengganti oli samping, maka ini pun tidak dibenarkan.

 

Oh iya, jika sampai terpaksa menggunakan minyak goreng, ingat untuk tidak menggeber motor secara berlebihan karena bisa membuat motor “tersiksa”.

 

Selain itu, jika masih ada sisa oli samping, sebaiknya campurkan dengan minyak goreng jadi tidak murni menggunakan minyak goreng sebagai pengganti oli samping.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....