Takaran Oli Shock Depan Ninja R 150

Takaran oli shock depan Ninja R 150 atau ukuran oli shock depan Ninja R 150 itu berapa banyak? Simak pembahasannya dalam artikel ini agar lebih jelas.

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai volume oli shock depan Ninja R 150.

 

Ninja R 150 adalah salah satu varian motor non fairing dari Kawasaki Motor Indonesia. Bermesin 2 tak dengan kelas mesin 150 cc, motor ini terbilang sangat berjaya di masanya.

 

Menjadi tandem dari Kawasaki Ninja 150 RR, tercatat Ninja R 150 pernah jadi salah satu primadona bagi kaum muda – mudi.

 

Kini, Ninja R 150 memang sudah tidak dipasarkan lagi karena terbentur dengan regulasi, di mana mesin berjenis 2 tak sudah sangat dibatasi peredarannya karena dianggap tidak ramah lingkungan.

 

Ukuran Oli Shock Depan Ninja R 150

Takaran Oli Shock Depan Ninja R 150

Takaran oli shock depan Ninja R 150 adalah sebanyak 235 nl untuk satu shock depannya atau setidaknya butuh 470 nl untuk shock depan kiri dan kanan.

 

Sedangkan untuk varian Ninja 150 M dan S, takarannya lebih kecil yakni sebanyak 220 ml untuk satu shock depannya atau setidaknya butuh oli shock sebanyak 440 ml untuk shock depan kiri dan kanan.

 

Perlu diperhatikan jika takaran oli shock depan ini bisa saja harus dikurangi atau pun ditambah tergantung dengan kondisi yang ada.

 

Misal jika kita hanya menguras oli shock saja tanpa benar-benar mengeringkan oli shock depan, maka kemungkinan oli shock yang dibutuhkan harus dikurangi agar shock depan tidak terlalu keras.

 

Pun begitu jika kita pakai oli shock depan yang kental, kurang lebih harus dikurangi takarannya agar shock depan tidak keras.

 

Sedangkan jika menggunakan oli shock depan yang lebih encer, maka oli shock depan cenderung akan ditambah agar shock depan tidak terlalu empuk dan mudah mentok.

 

Pastikan untuk mengisi shock depan dengan oli shock yang sama kekentalan dan takarannya antara bagian kiri dan kanan.

 

Ini bertujuan agar shock depan bisa seimbang, sebab jika berat sebelah karena oli shock tidak sesuai antara yang kiri dan kanannya, maka efeknya shock depan bisa limbung hingga membuat ban depan botak sebelah.

 

Efek yang mengerikannya adalah ketika motor dipacu dalam kecepatan tinggi atau saat dipakai untuk mengerem. Shock depan yang tidak balance bisa membuat motor terbanting ke salah satu sisi.

 

Kapan Waktunya Ganti Oli Shock Depan Ninja R 150?

Oli shock depan memiliki masa pakai, di mana biasanya mampu dipakai hingga masa pakai lebih dari 20.000 Km.

 

Namun jika kerap menerjang jalanan yang tidak rata, maka usia pakai bisa lebih rendah misal harus diganti di masa pakai 15.000 Km.

 

Selain itu jika seal shock depan bocor dan debu hingga air masuk ke tabung shock dan tercampur dengan oli shock, maka oli shock pun harus diganti agar performanya tetap optimal.

 

Penyebab Oli Shock Depan Mudah Encer

Oli shock sama seperti kebanyakan oli, di mana lambat laun akan mengalami penurunan performa hingga menurun kekentalannya.

 

Jika sudah encer, maka shock depan cenderung akan sangat empuk dan tidak enak untuk digunakan.

 

Lalu, apa saja penyebab oli shock depan motor yang mudah encer?

  • Faktor masa pakai, semakin lama digunakan, maka akan semakin encer
  • Sering menerobos jalanan yang tidak rata dengan kecepatan tinggi
  • Faktor terkena panas, semakin terkena panas maka akan semakin encer dan akan menguap jika terlalu panas (misal terkena api dari mesin las)
  • Sering membawa beban berlebih

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....