Sheep Foot Roller Adalah Apa?

Sheep Foot Roller adalah apa ya? Ini adalah salah satu kendaraan yang digunakan di dunia kontruksi. Di mana dalam kata lain, ini adalah salah satu alat berat.

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai sheep foot roller.

 

Ini cukup menarik ketika kita membahas kendaraan bermotor tetapi di luar dari apa yang biasa kita bahas di satupiston.com.

 

Ya, jika kita biasanya membahas mengenai motor dan beberapa hal tentang mobil, mari kita bahas sedikit mengenai alat berat yang mana kerap dijadikan salah satu alat berat dalam membuat sirkuit balap.

 

Salah satu alat berat yang mungkin masih asing di telinga kita adalah sheep foot roller, di mana alat yang satu ini ternyata sangat penting perannya.

 

Terlebih saat kita hendak “mempersiapkan” hal untuk membuat suatu bangunan atau pun membuat jalanan (termasuk sirkuit).

 

Pengertian Sheep Foot Roller

Sheep Foot Roller Adalah Apa?
Sumber: Pixabay/ katerwursty


Bila kita terjemahkan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, arti dari sheep foot roller adalah roller kaki domba.

 

Wah, menarik sekali ya terjemahannya? Mungkin, kaki domba ini merujuk pada bagian roller yang memang tidak “Semulus” roller lainnya.

 

Ya, bagian roller di sheep foot roller punya desain khusus, di mana jika dipakai pada tanah yang hendak digarap, maka desain roller tersebut bisa membuat bekas layaknya jejak kaki hewan (misal domba).

 

Fungsi Sheep Foot Roller

Ini adalah salah satu alat berat yang memiliki fungsi khusus, di mana biasanya ini digunakan untuk “menggarap” tanah yang hendak dibuat suatu kontruksi entah itu jalan atau pun bangunan.

 

Adapun beberapa fungsi dari sheep foot roller adalah sebagai berikut:

1. Memadatkan Tanah

Yang pertama adalah untuk memadatkan tanah, di mana roller jenis ini punya desain roller yang tidak mulus karena untuk alasan ini.

 

Sebelum suatu lahan digarap entah untuk dijadikan bagunnan terlebih untuk jalan (dan lintasan), maka tanah akan dipadatkan menggunakan roller jenis ini.

 

Pemadatan ini lebih dulu dilakukan sebelum nantinya suatu lahan ditimbun dengan bahan lain seperti bebatuan hingga aspal.

 

Tujuan memadatkan tanah ini tentu agar tanah bisa lebih kuat dan tidak mudah berubah bentuk.

 

Sebab tak jarang, banyak yang membuat jalan dengan tanpa proses pemadatan tanah dan efeknya adalah setelah jalan teraspal, si tanah malah berubah bentuk dan membuat banyak lekukan (cekungan).

 

2. Membentuk Ukuran

Selain dari pada untuk memadatkan tanah, biasanya sheep foot roller juga akan ditugaskan untuk “membentuk ukuran”.

 

Saat tanah hendak dibuat suatu kontruksi, biasanya memang akan diukur berapa meter tanah tersebut akan digunakan.

 

Misal untuk jalan dengan lebar 3 meter, maka saat proses pemadatan tanah, maka ukurannya pun ditentukan untuk 3 meter menggunkan roller jenis ini.

 

Nantinya, ini juga akan mempermudah dalam proses selanjutnya seperti saat pengaspalan karena ukurannya sudah nampak terlihat.

 

3. Memadatkan Campuran Pasir dan Lempung

Selain hanya sekedar tanah saja, sheep foot roller juga akan digunakan untuk memadatkan campuran pasir dan lempung, namun tidak digunakan untuk memadatkan tanah dengan butiran yang kasar.

 

Misalnya saja, alat berat yang satu ini tidak akan digunakan untuk memadatkan pasr dan kerikil karena tugasnya biasanya tidak menggunakan alat berat yang lain.

 

4. Menentukan Kelayakan Tanah

Jika nantinya tanah amblas setelah menggunakan sheep foot roller, maka ada dua kemungkinan yakni alat berat yang digunakan terlalu berat ATAU TANAH YANG HENDAK DIGARAP MEMANG TIDAK LAYAK.

 

Oleh karenanya jika sampai tanah terlalu lembek, maka akan ada data lain yang diproses yang menentukan kelanjutan proyek yang digarap.

 

Entah itu nantinya tanah akan diperkuat atau bisa jadi project di tanah tersebut batal dilakukan jika memang kondisinya tidak memungkinkan.

 

5. Meminimalisir Terjadinya Distorsi Tanah

Distorsi pada tanah salah satunya terjadi ketika tanah mengalami perubahan “bentuk”, misalnya saja tanah yang amblas, menjadi cekung, dan lain sebagainya.

 

Ya, intinya sheep foot roller ini bertugas untuk memadatkan tanah.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....