Persamaan Kampas Rem Freego bagian Depan dan Belakang

Tags: Persamaan kampas rem depan Freego, Persamaan kampas rem belakang Freego, Persamaan kampas rem cakram Freego, Persamaan kampas rem tromol Freego.

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai persamaan kampas rem depan dan belakang Yamaha Freego 125.

 

Yamaha Freego adalah salah satu motor matic dari keluarga 125 series milik Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

 

Motor yang satu ini punya desain compact dan cocok digunakan untuk daerah perkotaan.

 

Ngomong-ngomong, salah satu part yang biasanya cukup mudah habis adalah kampas rem.

 

Terlebih jika jalanan terbilang padat dan sering hujan. Biasanya saat kondisinya seperti itu, bahkan kampas rem original bisa habis hanya dalam usia pakai 6 bulan saja.

 

Persamaan Kampas Rem Depan FreeGo

Persamaan Kampas Rem Freego bagian Depan dan Belakang


Pertama, kita bahas dulu mengenai persamaan kampas rem depan Freego 125 yang mana rem depannya adalah rem cakram.

 

Adapun kampas rem depan Yamaha FreeGo 125 sama dengan Yamaha Mio 125 series, Nmax 155, Leci 125, X Ride 125, hingga Yamaha Fino fi 125.

 

Kode Part Kampas Rem Depan Yamaha FreeGo

Beberapa kampas rem depan yang bisa dipasangkan pada Yamaha Freego adalah kampas rem dengan kode 2BM-F5805-00 atau B63-F5805-00.

 

Biasanya kampas rem dari Yamaha sering dipalsukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

 

Jadi sebaiknya teliti sebelum membeli atau beli kampas rem aftermarket sekalian agar tidak terlalu kecewa jika nantinya niat beli yang ori dengan harga ori tapi yang datang malah KW.

 

Persamaan Kampas Rem Belakang FreeGo

Rem belakang dari Yamaha FreeGo masih berjenis tromol atau drum, di mana rem dengan jenis ini memang masih banyak digunakan pada motor-motor metik di bawah 150 cc.

 

Adapun persamaan kampas rem belakang Freego adalah sama dengan milik Mio 125 series semisal Mio M3, Mio Z, Mio S hingga varian 125 series lain seperti Xeon RC, Xeon GT, dan Fino 125.

 

Kode Part Kampas Rem Belakang Freego

 Salah satu kampas rem belakang yang bisa dipasangkan pada Yamaha Freego adalah kampas rem dengan kode 1LB-F530K-00.

 

Sama seperti kampas rem depan, kampas rem belakang dari Yamaha pun kerap dipalsukan. Jadi telitilah sebelum membeli.

 

Masalah Yang Biasa Ada di Kampas Rem Depan

Beberapa permasalahan di kampas rem depan di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Kampas rem tipis sebelah, ini cukup susah untuk diatasi karena kadang dari bawaan pabrik ada yang mengalami hal ini. Salah satu penyebabnya adalah karena posisi kaliper yang tidak sejajar hingga piston rem yang sulit kembali ke posisi bebas.
  • Bunyi seperti pasir, ini bisa terjadi karena memang ada pasir di kampas rem ATAU karena kampas rem memang sudah habis.
  • Kampas rem tidak kena piringan cakram sepenuhnya, ini terjadi karena biasanya menggunakan dudukan kaliper dan piringan cakram aftermarket yang ukurannya lebih kecil atau lebih besar.
  • Kampas rem ngelos saat hujan, ini terjadi karena menggunakan kampas rem atau piringan cakram yang tidak berkualitas sehingga hanya pakem saat kondisi kering.
  • Kampas rem dan piringan cakram panas berlebih, ini terjadi karena kampas rem terus-terusan terkena piringan cakram. Banyak penyebab dari ini, misal karena piringan cakram tidak rata, velg oleng, bearing roda oleng, kampas rem masih baru, hingga karena piston rem tidak kembali ke posisi bebas atau posisi awal.
  • Kampas rem seret saat ganti kampas baru, ini terjadi karena kampas rem masih tebal dan gerak bebas belum tersesuaikan dengan benar.

 

Masalah Yang Biasa Terjadi Pada Rem Belakang

Beberapa masalah pada rem belakang terlebih yang masih tromol adalah sebagai berikut:

  • Kurang pakem, ini sebenarnya wajar karena rem tromol cenderung smooth dan tidak pakem. Tapi jika sampai ngelos, maka bisa diakibatkan karena drum yang sudah aus, kampas rem sudah aus, hingga kawat rem belum disetel ulang.
  • Bunyi pada rem, ini bisa terjadi karena drum rem kotor, basah, hingga karena sudah aus.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....