Letak Aki Jupiter Z1 atau Tempat Aki Jupiter Z1 Di mana?

Letak aki Jupiter Z1 atau tempat aki Jupiter Z1 itu di sebelah mana? Bingung dengan posisi aki dari motor Yamaha Jupiter Z1? Simak artikel ini hingga beres.

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai posisi aki Jupiter Z1.

 

Salah satu motor bebek yang hingga kini masih dipasarkan oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) adalah Yamaha Jupiter Z1.

 

Bahkan di beberapa hari kemarin, Yamaha Jupiter Z1 ini diberi ubahan warna baru yang lebih mencolok dan cenderung ceria.

 

Bicara soal motor, salah satu komponen yang kerap mengalami masalah adalah akinya.

 

Aki atau accumulator (accu) ini merupakan salah satu komponen penting karena menyuplai arus listrik berjenis DC yang banyak digunakan oleh komponen kelistrikan pada motor seperti lampu, elektrik starter, hingga klakson.

 

Nah, untuk kita yang hendak mengoprek bagian aki dari Jupiter Z1, kira-kira di mana letaknya ya? Kok di bawah jok tidak ada?

 

Letak Aki Jupiter Z1

Letak aki Jupiter Z1 atau tempat aki Jupiter Z1 ada di bagian kanan motor dekat dengan blok kopling dan di atas swing arm. Posisinya terhalang oleh cover body sehingga kita harus membukanya.

 

Jadi sedikit berbeda dengan kebanyakan motor bebek yang biasanya menyimpan aki di bawah jok, Jupiter Z1 ini letak akinya ada di ilustrasi gambar di bawah ini:

 

Letak Aki Jupiter Z1 atau Tempat Aki Jupiter Z1 Di mana?

Bagaimana? Apakah sudah jelas dan mengerti? Pastikan kita membuka bagian cover body penutup aki ya, jangan sampai cover bodynya pecah.

 

Merek Aki Jupiter Z1

Dari bawaan pabrik, aki dari Jupiter Z1 adalah Yuasa YTZ4V atau dari GS Astra GTZ4V. Aki ini sendiri cukup mudah untuk ditemukan di pasaran.

 

Namun kita perlu waspada, sebab aki ini kerap ditiru hingga dipalsukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

 

Jadi kita harus waspada selalu ya! Sebab banyak merek aki dengan singkatan GS namun ternyata bukan GS Astra tetapi dari merek lain.

 

Padahal logo hingga wadah aki cukup mirip dengan aki yang dijual oleh GS Astra.

 

Jenis Aki Jupiter Z1

Aki dari Jupiter Z1 adalah YTZ4V atau GTZ4V, aki tersebut merupakan aki maintenance free atau bebas perawatan.

 

Jadi untuk kita yang malas rawat aki motor, aki ini sangat cocok. Tetapi setidaknya kita harus memanaskan motor secara rutin jika motor jarang digunakan.

 

Ini bertujuan agar aki tidak tekor dan sistem pengisian pada motor untuk aki tetap berjalan.

 

Adapun aki dari Jupiter Z1 ini tidak murni merupakan aki kering. Sebab pada kenyataannya, aki ini masih menggunakan cairan elektrolit yang disekat sedemikian rupa agar air aki tidak mudah tumpah atau menguap sehingga nampak seperti aki kering.

 

Apakah Aki Jupiter Z1 Bisa Dicas?

Ya, aki dari Jupiter Z1 bisa dicas dengan catatan aki masih berfungsi dengan baik dalam artian selnya tidak rusak dan mampu menyimpan daya listrik.

 

Kebanyakan aki yang tidak bisa dicas adalah aki yang sudah rusak, yaknia sel atau cell sudah tidak bisa lagi menyimpan daya listrik.

 

Ibaratnya sih kita mengisi air pada ember yang bocor, pada aki pun begitu, walau diisi dengan daya listrik, tetapi jika cell-nya sudah rusak atau bocor, maka listrik pun tidak akan tersimpan.

 

Aki dari YTZ4V sendiri adalah aki berjenis maintenance free atau bebas perawatan, di mana aki ini tidak sepenuhnya merupakan aki kering.

 

Pasalnya, aki YTZ4V dan GTZ4V ini masih menggunakan cairan elektrolit yang disekat sedemikian rupa agar tersimpan rapat pada aki dan tidak mudah tumpah hingga menguap.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....