Kapasitas Oli Jupiter Z1 Berapa Liter? Jangan Salah Paham!

Kapasitas oli Jupiter Z1 berapa liter? Memang, pertanyaan mengenai ukuran oli mesin atau takaran oli mesin Jupiter Z1 ini cukup membingungkan karena ada 3 opsi ukuran.

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai volume oli mesin dari Jupiter Z1.

 

Wah-wah, ada yang baru nih dari Jupiter Z1. Meski bukan spek atau fitur secara mayor, namun perubahan warna dari Jupiter Z1 terbaru nampaknya cukup enak untuk dipandang sehingga cocok untuk dipertimbangkan.

 

Bicara soal motor bebek “terkencang” di kelasnya, menarik nih untuk membahas salah satu aspek yang biasanya cukup sering diganti.

 

Aspek tersebut adalah mengenai kapasitas oli mesin, di mana ini cukup membingungkan karena ada 3 takaran oli yang harus dimasukan dalam kondisi yang berbeda-beda.

 

Kapasitas Oli Jupiter Z1 Berapa Liter?

Kapasitas Oli Jupiter Z1 Berapa Liter? Jangan Salah Paham!


Kapasitas oli Jupiter Z1 adalah sebanyak 1 liter secara total, lalu 0.8 liter secara berkala, dan 0.85 liter saat mengganti filter oli. Di sini ada 3 pilihan takaran oli, lalu apa maksudnya?

 

Well, jangan sampai salah takaran oli karena efeknya bisa berbahaya. Entah itu kelebihan atau kekurangan oli, yang jelas keduanya punya efek tidak baik di mesin dan di kantong kita (bisa menguras isi dompet).

 

Arti Ganti Oli Total, Berkala, dan Filter Oli

Ada 3 jenis pergantian oli yang kita kategorikan untuk Jupiter Z1, yakni total, berkala, dan filter oli. Jadi maksudnya adalah sebagai berikut:

  1. Takaran Oli Total: Ini adalah pergantian oli jika kita membongkar mesin secara keseluruhan hingga mesin motor benar-benar kosong dari oli. Kapasitasnya adalah sebanyak 1 liter dan tidak boleh diisi sebanyak 0.8 liter.
  2. Takaran Oli Berkala: Ini adalah takaran oli secara rutin atau periodik. Jadi jika kita ganti oli tiap 2 bulan sekali, maka takaran olinya adalah sebanyak 0.80 liter dan bukan 1 liter karena jika 1 liter akan kebanyakan.
  3. Takaran Oli Ganti Filter Oli: Ini adalah takaran oli saat kita mengganti oli dan filter olinya. Jadi kurang lebih saat ganti filter oli, maka takaran olinya ditambah sebanyak 0.05 liter agar dari yang awalnya 0.80 liter jadi 0.85 liter.

 

Sampai di sini apakah sudah paham? Jadi untuk pergantian periodik, maka takaran olinya cukup 0.80 liter saja.

 

Sedangkan jika kita ganti filter oli, takaran olinya bertambah jadi 0.85 liter.

 

Adapun jika kita ganti kampas kopling hingga membongkar mesin secara keseluruhan, maka takarna oli mesin harus ada di angka 1 liter/

 

Efek Buruk Kekurangan Oli Mesin

Beberapa efek buruk dari kurangnya takaran oli mesin adalah sebagai berikut:

  • Mesin jadi lebih cepat panas
  • Kopling bisa selip
  • Mesin jadi lebih mudah bergetar
  • Piston motor bisa lebih cepat aus
  • Dinding silinder bisa aus
  • Kopling jadi mudah aus
  • Piston bisa nyangkut di dinding silinder (ceket)

 

Efek Takaran Oli Yang Kelebihan

Adapun jika takaran oli mesin terlalu banyak, maka efeknya adalah sebagai berikut:

  • Laju motor jadi lebih berat
  • Di beberapa motor, oli yang terlalu banyak akan dialirkan pada tabung di filter udara
  • Yang jelas jika terus-terusan kebanyakan oli, maka efeknya bisa membuat dompet kita jadi lebih mudah tipis karena oli dengan takaran 1 liter lebih mahal dari yang 0.80 liter.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....