Gerigi Sepeda Diberi Minyak Dengan Maksud Apa?

Gerigi sepeda diberi minyak dengan maksud dan tujuan apa? Perlu dibahas di sini sebab pemilik sepeda motor pun kerap melupakan satu hal yang ini.

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai gerigi sepeda yang diberi minyak atau pelumas.

 

Gerigi atau gigi, dalam dunia otomotif lebih condong ke arah penamaan gear atau dalam pengucapannya disebut sebagai gir.

 

Komponen yang satu ini cukup penting pada kendaraan seperti sepeda dan sepeda motor.

 

Menariknya, masih ada yang keliru dalam merawat rantai pada sepeda dan sepeda motor sehingga berimbas pada cepat rusaknya rantai serta gear itu sendiri.

 

Lalu, kenapa kita harus rajin melumasi rantai dan gear ini? Bikin repot aja, yang pentingkan bisa muter? Eits, apa iya begitu?

 

Tujuan Gerigi Sepeda Diberi Minyak

Gerigi sepeda diberi minyak dengan maksud untuk memperkecil gaya gesek yang tercipta antara gerigi (gear) dengan rantai. Meski keduanya sama-sama dari besi, namun gesekan di antara keduanya bisa memicu keausan bila tidak dilumuri oleh pelumas atau minyak.

 

Baik pada sepeda atau pun pada motor, rantai dan gerigi ini biasanya akan dilumasi entah itu pakai oli atau pakai minyak pelumas khusus.

 

Salah satu tujuan atau fungsinya adalah untuk memperkecil gaya gesek di antara keduanya. Namun selain itu, masih ada tujuan atau maksud lain dari penggunaan minyak pada gear dan rantai ini.

 

Fungsi Melumasi Gear dan Rantai pada Sepeda dan Motor

Kita di dunia sepeda motor kerap menamai gear yang tengah kita bahas ini sebagai final gear, yakni gear yang menghubungkan putaran dari mesin dengan gear di roda belakang.

 

Sedangkan pada sepeda, gear dan rantai ini menghubungkan gear depan dari kayuhan sepeda dan gear kecil di belakang yang terpasang pada roda.

 

Baik gear dan rantai itu perlu dilumasi agar memiliki keuntungan sebagai berikut:

  • Memperkecil gaya gesek seperti yang sudah dibahas sebelumnya
  • Memperpanjang usia rantai dan meminimalisir terjadinya keausan
  • Mencegah munculnya karat yang bisa mengurangi daya tahan dari gear dan rantai
  • Melancarkan gerak dari rantai itu sendiri (untuk rantai dengan 0 Ring hingga X Ring wajib menggunakan pelumas rantai khusus agar bagian Ring karet bisa bergerak dengan bebas).

 

Ciri Gear Sepeda dan Motor Yang Sudah Aus

Ada beberapa ciri dari gear sepeda dan motor yang sudah aus, yakni:

  • Gerigi atau bagian mata gear yang meruncing. Di awal pemakaian, mata gear ini biasanya akan tumpul. Namun seiring dengan pemakaian, maka mata gear bisa menjadi runci atau tajam. Jika sudah begini, maka sebaiknya ganti gear agar rantai tidak mudah terlepas dari gear
  • Gear bengkok. Ini biasa terjadi pada gear dan rantai yang kerap bekerja secara berat hingga penyettingan rantai yang terlalu kencang
  • Mata gear patah

 

Tips Memperpanjang Usia Gear dan Rantai

Gerigi Sepeda Diberi Minyak Dengan Maksud Apa?

Ada beberapa tips untuk memperpanjang usia gear dan rantai. Yakni:

  • Stel kekencangan rantai jika rantai sudah mulai sangat kendor
  • Gunakan rantai dan gear yang usia pakainya sama. Jika gear sudah aus, ganti dengan rantainya juga agar keduanya bisa sama-sama awet
  • Jangan menyetel rantai terlalu kencang karena bisa membuat mata gear bengkok dan mata rantai renggang
  • Bersihkan rantai jika terkena lumpur atau banyak debu yang mengendap
  • Lumasi rantai dengan pelumas khusus ketika habis dicuci atau terkena air hujan

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....