Ukuran Ban CRF 150 L Standar Depan dan Belakang

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai ukuran ban CRF 150 L standar depan dan belakang.

 

Honda CRF 150 adalah salah satu varian motor trail dual purpose dari Astra Honda Motor.

 

Ini adalah penantang dari Kawasaki KLX 150 series dan juga Yamaha WR 155.

 

Bicara mengenai ban, CRF 150 L ini memiliki ban yang lumayan besar dalam artian lingkarannya terutama yang bagian depan.

 

Ini wajar, sebab ini adalah motor trail yang biasanya kerap berhadapan dengan medan off road.

 

Sebisa mungkin, biasanya pabrikan akan membuat motor trail agar tidak mudah gasruk ke tanah, dan salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut adalah membuat velg dan ban menjadi lebih tinggi serta meninggikan jarak terendah ke tanah.

 

Ukuran Ban CRF 150 L Standar Depan dan Belakang

Ukuran Ban CRF 150 L Standar Depan dan Belakang
Honda CRF 150 L 


Ukuran ban CRF 150 L standar bagian depan adalah sebesar 2.75 – 21. Sedangkan ukuran ban CRF 150 L standar belakang adalah sebesar 4.1 – 18. Jika dilihat, velg depan dari CRF 150 L ini lebih tinggi bila dibandingkan dengan velg belakangnya.

 

Penulisan ukuran ban dari CRF 150 L sendiri menggunakan bentuk imperial yang artinya ukuran ban dinyatakan dalam satuan inch dan antara tinggi dan lebar bannya berukuran sama (rasio tinggi ban terhadap lebar ban adalah 100%).

 

Ini sedikit berbeda dengan bentuk ban yang dinyatakan secara matric, di mana tinggi ban dinyatakan dalam persentase terhadap lebar ban sesuai dengan angka yang tertera.

 

Cara Membaca Ukuran Ban CRF 150 L

Selanjutnya mari kita membaca ukuran ban dari Honda CRF 150 L. Di mana seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa:

  • Ban depan berukuran 2.75 – 21, artinya adalah tinggi dan lebar bannya sebesar 2.75 inch sedangkan velg yang digunakan memiliki ukuran diameter ring velg sebesar 21 inch.
  • Sedangkan ban belakang berukuran 4.1 – 18 yang artinya adalah tinggi dan lebar velg berukuran 4.1 inch dan ring velg berdiameter 18 inch

 

Konversi Ukuran Ban CRF 150 L ke mm

Biasanya dalam bentuk matric, ukuran ban ini dinyatakan dalam satuan mm atau milimeter (ukuran velg tetap dinyatakan dalam satuan inch).

 

Nah agar lebih tahu lagi, mari kita konversikan ukuran ban CRF 150 L depan dan belakang dari inch ke mm.

  • Ukuran ban depan adalah 2.75 inch setara dengan 69.85 mm
  • Sedangkan ukuran ban belakang adalah 4.1 inch setara dengan 104.14 mm

 

Di sini, secara lumrah sebenarnya harus menggunakan tanda koma seperti 4.1 yang harus jadi 4,1. Ini jadi perbedaan penulisan yang tergantung dengan kondisi.

 

Tips Membuat Ban CRF 150 L Lebih Awet

CRF 150 L menggunakan ban tahu yang artinya motor yang satu ini bisa digunakan untuk off road meski dengan intensitas yang tidak terlalu tinggi.

 

Menariknya, ban yang seperti ini memang oke di jalanan non aspal, namun akan lebih mudah aus saat digunakan di jalanan beraspal terlebih yang suhunya tinggi.

 

Oleh karenanya, selain dari tekanan angin yang harus pas, sebaiknya gunakan CRF 150 L sesuai peruntukannya.

 

Misalnya jika memaksakan digunakan di jalan raya beraspal, maka ada baiknya mengganti ban ke ban on road agar lebih awet dan performanya lebih oke.

 

Ini juga yang jadi alasan kenapa kebanyakan motor trail di daerah perkotaan sering dimodif ala-ala supermoto dengan mengubah juga ukuran velg dan bannya.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....