Takaran Oli Shock Depan Yamaha Gear 125

Takaran oli shock depan Yamaha Gear 125 atau ukuran oli shock depan Gear 125 itu seberapa banyak? Ini kerap ditanyakan dan kita akan bahas dalam artikel ini.

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Pernahkah kalian mencari tahu mengenai seberapa banyak volume oli shock depan dari Yamaha Gear 125?

 

Gear sendiri adalah salah satu varian motor matic dari Yamaha Indonesia Motor Manufacturing atau YIMM.

 

Ini adalah motor metik dengan konsep urban atau digunakan untuk daerah perkotaan yang padat.

 

Yamaha Gear 125 sendiri dibekali dengan mesin berkubikasi 124.96 cc pada mesin injeksi 1 silinder berjenis 4 tak dengan sistem katup SOHC.

 

Motor tanpa kick starter ini mampu memuntahkan daya terbaik di angka 7 kW saat di putaran 8000 RPM. Sedangkan torsi terbaik dari motor ini adalah sebesar 9.5 Nm pada putaran 5500 RPM.

 

Ukuran Oli Shock Depan Yamaha Gear 125

Takaran Oli Shock Depan Yamaha Gear 125


Takaran oli shock depan Yamaha Gear 125 adalah sekitar 60 ml per satu shock depannya atau setidaknya kita perlu menyiapkan oli shock depan sebanyak 120 ml untuk mengisi shock depan bagian kiri dan kanan dari Yamaha Gear 125.

 

Namun perlu diperhatikan jika takaran oli shock depan tersebut bisa saja harus ditambah atau pun dikurangi tergantung dengan kondisi yang ada.

 

Misalnya saja, kita menggunakan oli shock yang lebih kental, maka mau tidak mau takaran oli shock depannya harus dikurangi agar suspensi depan tidak terlalu keras.

 

Sedangkan jika kita menggunakan oli shock depan yang lebih encer, maka biasanya takaran oli shock depan akan ditambah agar suspensi depan tidak terlalu empuk sehingga mudah mentok.

 

Pastikan juga kita mengisi oli shock depan secara seimbang, ini agar motor kita tidak berat sebelah di bagian suspensinya.

 

Suspensi depan yang berat sebelah bisa membuat ban lebih mudah aus di sebelah sisinya.

 

Kapan Waktunya Ganti Oli Shock Depan Yamaha Gear 125?

Biasanya ada beberapa insiden yang membuat kita harus mengganti oli shock depan. Misalnya saja saat seal shock depan bocor.

 

Jika seal shock depan bocor, maka efeknya bisa membuat oli shock keluar dan berkurang kapasitasnya.

 

Atau yang lebih parah adalah ada air hingga debu yang masuk ke tabung shock depan sehingga membuat kita harus menguras shock depan.

 

Selain itu dari segi feeling, kita bisa menguras atau mengganti oli shock depan jika suspensi depan sudah sering mentok saat diajak berkendara di jalanan yang tidak rata.

 

Dan jika ingin berpatokan pada jarak tempuh, kita bisa mengganti oli shock depan setiap 15.000 Km atau 20.000 Km tergantung kondisi jalanan.

 

Jika jalanan yang dilalui sering tidak rata, maka sebaiknya ganti oli shock depan lebih cepat (misal di angka 15.000 Km).

 

Butuh Berapa Botol Oli Shock Depan Untuk Yamaha Gear 125?

Produsen oli shock biasanya menjual oli shock dengan takaran yang bervariatif, jadi akan relatif untuk menjawab pertanyaan yang satu ini.

 

Misalnya saja, ada produsen oli shock depan yang menjual oli shock depan dengan takaran per botol sebanyak 50 ml hingga lebih dari 300 ml.

 

Namun jika kita menggunakan oli shock depan dari Jumbo Hydrofit, maka per satu pembeliannya akan mendapat 2 botol oli shock dengan total kapasitas 200 ml.

 

Oli shock depan dari Jumbo Hydrofit sendiri dijual dengan kemasan per botol memiliki takaran oli shock sebanyak 100 ml.

 

Jadi jika kita dapat 2 botol, maka kita akan mendapat 200 ml dan angka ini sudah lebih dari cukup untuk Yamaha Gear 125 yang hanya perlu takaran oli shock depan sekitar 120 ml untuk shock bagian kiri dan kanannya.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....