Takaran Oli Shock Depan Honda Blade Berapa ml? Butuh Berapa Botol Oli Shock?

Takaran oli shock depan Honda Blade atau ukuran oli shock depan Blade itu berapa mili liter? Temukan jawabannya dalam artikel ini.

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai volume oli shock depan Honda Blade.

 

Honda Blade adalah salah satu motor dari Astra Honda Motor (AHM) berjenis bebek / moped/ cub/ underbone yang sekarang sudah tidak dipasarkan lagi.

 

Salah satu alasan kenapa Honda Blade tidak dipasarkan lagi adalah karena segmen motor bebek yang kian menurun di Indonesia.

 

Selain itu, Honda Blade yang pertama kali dikeluarkan sejak tahun 2008 ini juga kalah saing dari produk motor bebek lain dari Astra Honda Motor seperti Honda Revo dan Supra X 125.

 

Honda Blade sendiri dikeluarkan dengan 2 varian yakni versi 110 cc dan 125 cc. Namun sekali lagi, keduanya sudah stop produksi.

 

Kapasitas Oli Shock Depan Honda Blade

Takaran Oli Shock Depan Honda Blade Berapa ml? Butuh Berapa Botol Oli Shock?


Takaran oli shock depan Honda Blade adalah sebanyak 65,5 mili liter untuk satu buah shock depannya. Jadi untuk dua shock depan kiri dan kanan, maka kita perlu setidaknya 131 ml oli shock.

 

Adapun takaran oli shock depan di atas tidak mutlak harus diisi seperti apa yang sudah disebutkan.

 

Pasalnya, terkadang ada beberapa kondisi yang menyebabkan takaran oli shock harus dikurangi atau ditambah.

 

Misal saat kita menggunakan oli shock depan yang lebih kental, jika begini, maka takaran oli shock cenderung akan dikurangi karena bisa menyebabkan shock depan jadi lebih keras.

 

Di kondisi lain, terkadang bagian per di dalam shockbreaker sudah lemah sehingga oli shock pun harus sedikit ditambah takarannya agar shock depan tidak terlalu empuk.

 

Butuh Berapa Botol Oli Shock Untuk Shock Depan Honda Blade?

Pada dasarnya, ini adalah pertanyaan yang jawabannya akan relatif. Di mana tiap produsen oli shock depan biasanya akan mengemas oli shock dengan takaran yang berbeda-beda.

 

Misal ada yang menjual oli shock dengan takaran 50 ml, 100 ml, 150 ml, 200 ml, hingga 300 ml atau bahkan ada yang langsung 1 liter.

 

Namun jika kita menggunakan oli shock depan dari brand Jumbobertipe Hydrofit, maka kalkulasinya adalah kita hanya butuh 2 botol saja.

 

Pasalnya dalam satu paket pembelian oli shock Jumbo Hydrofit, kita akan mendapatkan 2 botol oli shock yang takaran per botolnya adalah sebanyak 100 ml.

 

Jadi jika ada dua botol, maka takaran totalnya adalah sebanyak 200 ml. Angka ini sudah cukup untuk mengisi oli shock depan dari Honda Blade yang secara total hanya membutuhkan tegukan oli shock sebanyak 131 ml.

 

Penyebab Oli Shock Depan Mudah Menurun Performanya

Apa saja yang bisa mempengaruhi menurunya oli shock depan?

  • Faktor masa pakai atau jarak tempuh yang sudah dilalui
  • Menerjang jalanan yang tidak rata dengan kecepatan tinggi
  • Sering membawa beban berlebih
  • Bagian dalam suspensi depan berkarat
  • Kebocoran pada seal shock depan
  • Menggunakan oli shock depan yang kurang berkualitas
  • Menurunkan suspensi depan secara berlebihan
  • Terkena panas, misal melakukan pengelasan di area suspensi depan

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....