7 Cara Agar Motor Bisa Distarter Lagi Mulai Dari Aki hingga Dinamo

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai cara agar motor bisa distarter lagi mulai dari aki hingga dinamo starternya.

 

Motor memang perlu sistem starter, entah itu yang masih berjenis kick starter atau pun yang sudah berjenis elektrik starter.

 

Tanpa sistem starter, sudah jelas motor tidak bisa lagi dinyalakan dan akan merepotkan kita dalam menghidupkan mesinnya.

 

Dalam kasus di artikel ini, sistem starter diberatkan pada sistem elektrik starter, ya karena memang elektrik starter cenderung lebih sering bermasalah ketimbang yang kick starter.

 

Baiklah, berikut cara agar motor bisa distarter lagi:

1. Periksa Aki, Cas Jika Bisa, Ganti Jika Perlu

Cara Agar Motor Bisa Distarter Lagi Mulai Dari Aki hingga Dinamo


Yang pertama adalah periksa aki, sebab aki sering jadi biang kerok dari tidak berfungsinya sistem starter.

 

Kita bisa gunakan multi tester atau avo meter untuk mengetahui berapa ampere dan tegangan dari aki yang kita gunakan.

 

Atau bisa juga dengan menggunakan volt meter untuk mengukur tegangan dari aki milik kita. Minimal dengan beban (terpasang di motor), aki motor harus ada di range 12 volt. Jika kurang, maka silahkan cas atau ganti jika diperlukan).

 

Aki yang tekor bisa membuat kelistrikan tidak normal, seperti lampu meredup, klakson bunyinya pelan, hingga tidak kuat mengangkat elektrik starter.

 

2. Ganti Bendik Starter

Bendik starter adalah pemantik dinamo starter, ini adalah komponen yang sering rusak juga. Komponen yang satu ini punya nama lain yakni relay starter.

 

Ciri dari bendik starter yang rusak adalah timbul bunyi cetek-cetek saat starter dinyalakan, dan kadang starter terus menyala saat mesin dihidupkan.

 

Coba periksa dengan cara dijumper bagian kutub positif dan negatif pada bendik. Jika motor ternyata menyala karena starter hidup saat bendik dikorsletkan, maka sebaiknya ganti bendik karena sudah rusak.

 

3. Dinamo Starter Coba Periksa

Salah satu ciri dari dinamo starter yang rusak adalah keluar bunyi krek saat starter dinyalakan. Bahkan tidak ada respon sama sekali saat sistem starter diaktifkan.

 

Biasanya komponen ini mengalami kerusakan pada kul atau arang starternya sehingga harus diganti arangnya saja atau jika punya budget lebih, bisa beli baru dinamo starter secara 1 set.

 

4. Sikring atau Fuse Coba Periksa

Ciri dari sekring atau fuse yang rusak adalah kelistrikan motor akan mati total, tetapi ketika dikick starter, motor bisa menyala tetapi kelistrikan jadi lemah bahkan lampu meredup.

 

Penyebab sikring atau fuse rusak adalah karena putus atau terbakar karena ada short atau korslet di sistem kelistrikan motor, ya karena tugas fuse memang “mengorbankan” diri saat ada short kelistrikan agar tidak menyambar komponen lain.

 

Jika fuse rusak, sebaiknya ganti dengan yang baru dan jangan diakali. Tetapi sebaiknya perbaiki dulu bagian yang short atau korslet pada komponen kelistrikan motor.

 

5. Kabel Bisa Jadi Penyebabnya

Di beberapa kasus, kabel di area sistem starter mengalami kerusakan entah karena salah bongkar motor, digigit tikus, atau pun karena pernah terjatuh atau kecelakaan.

 

Langkah ini cukup rumit karena harus menyusuri perkabelan dan mengeceknya secara manual.

 

Agar lebih mudah, coba gunakan tespen DC agar bisa mengetahui apakah ada aliran listrik dari aki menuju tombol starter.

 

Ciri dari kerusakan kabel di sistem starter adalah tidak ada respon sama sekali saat tombol starter ditekan.

 

6. Tombol Starter Rusak atau Kotor

Pada motor yang sudah tua atau saklarnya sering dibuka, tombol starter bisa mengakami kerusakan seperti tertutupi debu sehingga tidak bisa menghidupkan sistem starter.

 

Bongkar saklar dan bersihkan tombol starter agar bisa berfungsi dengan baik. Ciri dari kerusakan pada komponen ini adalah tidak ada respon ketika tombol ditekan, padahal komponen lain seperti kabel hingga aki masih normal.

 

Ini terjadi pada Yamaha Byson dan Honda Sonic 150 milik kami.

 

7. Kerusakan Lain Seperti Busi hingga Injektor

Bisa jadi kerusakan ada di sistem lain. Misal motor tidak bisa distarter baik secara elektrik atau pun kick starter.

 

Jika begini kondisi, penyebabnya bisa beragam, misal busi yang sudah aus, bensin yang habis atau tercampur air, injektor atau karburator yang rusak atau error, hingga sistem pengapian mengalami masalah.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....