Penyebab Kunci Kontak Off Starter Motor Hidup Terus dan Cara Mengatasinya

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai penyebab kunci kontak off starter motor hidup terus.

 

Pernahkah kalian mengalami kejadian di mana kunci kontak sudah kita matikan atau off-kan namun starter masih terus berbunyi?

 

Jika iya, tentu ini merupakan salah satu hal yang menyebalkan dan mengkhawatirkan bukan? Pasalnya jika dibiarkan, maka lambat-laun kapasitas aki akan segera habis.

 

Bukan tanpa alasan, elektrik starter ini merupakan salah satu komponen yang menghabiskan daya listrik aki sangat besar.

 

Oleh karenanya jika terjadi error atau masalah seperti starter nyala terus, maka akan berdampak buruk pada kapasitas aki.

 

Lalu, apa penyebab starter motor nyala terus? Berikut penyebab kunci kontak off starter motor hidup terus:

 

Penyebab: Bendik Starter/ Relay Starter Rusak

Penyebab Kunci Kontak Off Starter Motor Hidup Terus dan Cara Mengatasinya

Penyebab kunci kontak off starter motor hidup terus adalah rusaknya bendik starter atau relay starter pada motor tersebut.

 

Bentuk bendik atau relay starter ini cukup berbeda-beda pada tiap motor, oleh karenanya, mungkin kita akan menemukan bentuk bendik starter yang berbeda dengan gambar di atas.

 

Namun pada dasarnya, bendik starter ini bertugas untuk memantik dinamo starter dan ketika dinamo starter sudah menyala, maka bendik starter akan berhenti bekerja atau berhenti mengalirkan listrik.

 

Perlu diperhatikan jika bendik starter ini biasanya terhubung langsung dengan aki dan tidak melewati kunci kontak.

 

Ini lah yang jadi alasan kenapa ketika bendik starter yang sudah rusak akan terus mengalirkan listrik ke dinamo starter meski kunci kontak sudah dimatikan atau off-kan.

 

Jadi meski kunci kontak sudah off, starter akan nyala terus karena pada dasarnya aliran listrik dari bendik ke dinamo starter tidak melewati dulu kunci kontak (langsung dari aki).

 

Untuk lebih memastikan, kita bisa shortkan kutub dari bendik starter dengan menggunakan obeng. Di mana jika bisa menyala ketika dikorsletkan, maka bendik sudah rusak.

 

Untuk lebih ilmiahnya, gunakan multitester dan gunakan mode ohm untuk mengecek bendik. Pastikan terdapat hambatan pada bendik starter.

 

Jika bendik sudah tidak ada hambatan, maka bendik starter sudah rusak.

 

Solusi Kunci Kontak Off Starter Motor Hidup Terus

Bendik dapat dikatakan sebagai salah satu komponen yang digunakan sekali pakai, artinya ketika sudah rusak, maka harus diganti.

 

Jadi untuk mengatasi kunci kontak off tapi starter nyala terus, maka sebaiknya ganti saja bendik starter atau relay starternya.

 

Pastikan membeli relay starter atau bendik starter yang berkualitas, sebab tidak jarang kejadian ini bisa alami juga oleh bendik starter atau relay starter baru namun dengan kualitas buruk.

 

Sebagai referensi, kami pernah membeli bendik starter untuk Yamaha Byson, namun karena bukan original dan aftermarket dengan kualitas menengah, maka hasilnya adalah starter motor jadi kerap bermasalah.

 

Pada beberapa kasus, bendik starter ini bisa diakali dengan mengubah skema kelistrikan atau juga dengan menambah kapasitor dengan spek tertentu pada bendik.


Namun kami lebih menganjurkan untuk mengganti bendik ke bendik baru yang berkualitas.


Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....