Arus Listrik Terbesar Mengalir pada Motor Starter Adalah Saat Kondisi ?

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai arus listrik terbesar mengalir pada motor starter.

 

Elektrik starter adalah salah satu jenis sistem starter yang sejauh ini masih jadi andalan untuk jenis starter yang disematkan di motor dan mobil.

 

Meski motor biasanya dibekali dengan kick starter, namun kita harus akui jika kini banyak produsen motor yang mulai mengusung elektrik starter sebagai satu-satunya sistem starter pada motor produksi mereka.

 

Ditinggalkannya sistem kick starter dikarenakan elektrik starter dipandang sebagai sistem starter yang lebih praktis.

 

Meski sebenarnya, elektrik starter ini punya kekurangan yakni banyak memakan daya listrik serta jika rusak, maka dapat membuat potensi kendaraan jadi susah untuk dinyalakan.

 

Ngomong-ngomong, tahu tidak sob, arus listrik terbesar yang mengalir pada motor starter atau dinamo starter terjadi saat kondisi seperti apa?

 

Kondisi Saat Motor Starter Memakan Banyak Arus Listrik

Arus listrik terbesar mengalir pada motor starter adalah saat kondisi start mulai awal atau saat pertama kali mesin dinyalakan.

 

Sekedar informasi, seperti yang disebutkan sebelumnnya, sistem elektrik starter ini sangat mengurash arus dan voltase dari aki.

 

Oleh karenanya, diharapkan untuk kita menggunakan elektrik starter pada kendaraan bermotor dengan bijak yakni hanya menyalakan jika perlu saja.

 

Alasan Arus Listrik Terbesar Mengalir Pada Motor Starter Saat Kondisi Start Mulai Awal

Arus Listrik Terbesar Mengalir pada Motor Starter Adalah Saat Kondisi ?


Alasan kenapa arus listrik terbesar mengalir pada saat start mulai awal atau saat pertama kali dihidupkan adalah karena saat start awal, mesin dalam keadaan dingin dan butuh banyak daya listrik untuk menggerakan poros engkol.

 

Ini hampir mirip seperti saat kita menyalakan benda elektronik lain seperti komputer, TV, smartphone, dan lainnya.

 

Pada barang elektronik, kondisi yang banyak memakan daya listrik adalah saat pertama kali barang tersebut dinyalakan.

 

Bahkan pada komputer hingga amplifier atau alat elektronik lain yang punya daya listrik besar, untuk mengantisipasi terjadinya mati listrik karena start awal, maka digunakanlah soft start yang berfungsi untuk meminimalisir adanya pemakaian daya listrik yang besar saat pertama kali start.

 

Pada kendaraan bermotor pun sama, jika diperhatikan, kondisi awal saat menekan tombol starter di motor, daya listrik yang dikuras lebih besar ketimbang saat mesin sudah menyala dan kita tekan tombol starter.

 

Kick Starter Sangat Berfungsi!

Bagaimana? Apakah kita masih berpikir bahwa kick starter minim fungsi? Hanya karena kick starter lebih ribet untuk digunakan, bukan berarti komponen yang satu ini tidak ada fungsinya.

 

Bagi banyak pemotor, kick starter atau selahan ini sangat berfungsi ketika pertama kali menyalakan motor. Setidaknya ini akan sangat membantu dalam menghemat daya listrik di aki.

 

Bayangkan saja, tak jarang saat pertama kali menyalakan motor (terutama motor karbu), motor susah menyala dan harus beberapa kali menekan tombol starter.

 

Menekan terus tombol starter di awal tentu bukan hal yang bijak, sebab aki benar-benar sangat terbebani.

 

Tak jarang di beberapa motor, kondisi ini bisa langsung membuat aki menjadi tekor atau kekurangan daya listrik.

 

Oleh karenanya, kick starter ini masih jadi andalan bagi banyak bikers untuk menghemat daya listrik di aki.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....