Per CVT Keras Mengurangi Top Speed, Benar Kah?

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai apakah per CVT keras mengurangi top speed? Benar kah begitu? Jika benar, kenapa?

 

Per pada CVT menjadi salah satu oprekan yang kerap disentuh selain dari roller atau pun v-belt.

 

Alasan kenapa per CVT diganti adalah karena disinyalir dapat meningkatkan performa mesin motor metik kesayangan kita.

 

Tetapi tentu saja, operakan per CVT ini harus dibarengi dengan upgrade di komponen lain seperti roller hingga bagian lainnya.

 

Nah jika kalian adalah orang yang hendak upgrade bagian CVT karena menginginkan adanya peningkatan top speed, mungkin akan menjadi ragu setelah mendengar jik per CVT yang keras tidak ramah pada putaran atas.

 

Tetapi, apakah benar begitu?

 

Apakah Per CVT Keras Mengurangi Top Speed?

Per CVT Keras Mengurangi Top Speed, Benar Kah?


Per CVT keras mengurangi top speed adalah pernyataan yang benar, sebab per CVT yang lebih keras dari standar bisa meningkatkan akselerasi di putaran bawah ke menengah, namun mengorbankan putaran atas.

 

Sekedar informasi, biasanya per CVT bawaan motor bekerja di bawah 1000 RPM, jadi biasanya orang-orang akan mengganti per CVT ke ukuran di atas 1000 RPM yakni ukuran 1500 RPM hingga 2000 RPM.

 

Pada praktiknya, pergantian per CVT ini bahkan bisa membuat putaran atas dan bawah menjadi berkurang.

 

Jadi jika dilakukan dengan tidak tepat, maka pergantian CVT ini malah bisa membuat putaran bawah ngeden dan putaran atas pendek.

 

Kenapa demikian? Sebab per CVT yang terlalu kuat atau keras yang tidak dibarengi dengan pergantian komponen lain bisa membuat secondary sliding sheave tertekan lebih keras dan membuat komponen tersebut lebih cepat untuk kembali ke posisi awal.

 

Ketika ini terjadi, maka pulley belakang akan lebih susah untuk terbuka, alhasil ini akan membuat v-belt dan roller harus kerja ekstra keras untuk membuka pulley.

 

Cara Menambah Top Speed Motor Matic

Dari artikel di atas, mungkin kita akan kecewa dan tidak jadi dalam mengganti per CVT ke ukuran yang lebih keras.

 

Dan mungkin kalian akan mencari alternatif lain untuk menambah top speed pada motor metik kesayangan kita.

 

Atas dari itu, maka kami coba sarankan beberapa cara agarmotor metik kalian bertambah top speed-nya.

 

Cara menambah top speed motor matic tersebut adalah sebagai berikut:

1. Pakai Roller Yang Lebih Berat

Langkah pertama adalah dengan menggunakan roller yang lebih berat dari ukuran roller standar. Langkah ini bisa membuat putaran atas lebih panjang, namun harus dibayar dengan putaran bawah yang lebih loyo.

 

2. Ganti Karbu

Jika motor metik kita masih menggunakan karburator dan bukan menggunakan mesin injeksi, maka untuk menambah top speed dan akselerasi bisa dilakukan dengan mengganti karburator. Tapi pergantian karbu ke ukuran venturi yang lebih besar ini akan mubazir jika spek mesin masih standaran.

 

3. Bore Up

Langkah yang biasanya sangat efektif dalam menaikan top speed bahkan akselerasi adalah dengan memeperbesar ruang bakar beserta pistonnya dengan cara bore up. Meski memang langkah ini membutuhkan biaya yang besar dan menggugurkan garansi.

 

4. Ganti ECU atau Remap ECU

Pada motor injeksi, salah satu langkah untuk memaksimalkan performa termasuk di putaran atas (tergantung spek mesin) adalah dengan mengganti ECU ke ECU racing aftermarket atau langkah lebih murahnya (jika bisa) adalah dengan melakukan remap ECU.

 

Pada motor karbu, langkah ini biasanya dilakukan dengan mengganti CDI bawaan ke CDI racing yang punya limiter nafas lebih tinggi.

 

5. Ganti Knalpot

Untuk balapan, langkah yang bisa tempuh untuk menaikan top speed adalah dengan cara mengganti knalpot ke knalpot yang freeflow dan juga desain yang long.

 

6. Ganti Velg dan Ukuran Bannya

Langkah keenam adalah dengan cara mengganti velg dan ukuran bannya. Usahakan ganti ke yang bobotnya lebih ringan namun tidak mengurangi unsur safety motor tersebut.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....