Arti Meng Bahasa Gaul Adalah Apa? Ini Jawabannya

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai arti meng bahasa gaul adalah apa ya? Apakah kalian tengah mencari tahunya?

 

Bahasa gaul adalah bahasa yang tidak baku dan tidak formal, sehingga akan cukup susah untuk mencari tahu maksudnya bila hanya berpegangan pada Kamus Besar Bahasa Indonesia.

 

Bahasa gaul sendiri biasanya digunakan dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat dan biasanya muda-mudinya akan membuat bahasa gaul tersendiri yang kadang merupakan bentuk dari singkatan atau kode tertentu.

 

Adapun salah satu bahasa gaul yang belakangan ini cukup familiar di media sosial termasuk di forum otomotif adalah kata “meng”.

 

Apakah maksud dari meng tersebut? Yang jelas bukan “méng” untuk memanggil kucing ya, hehe.

Arti Meng Bahasa Gaul Adalah Apa? Ini Jawabannya

 

Sekedar curhat saja, kemarin lusa, salah satu kucing kesayangan kami mati karena terlindas mobil. Jadi kami persembahkan foto kucing kami di atas untuk mengenang kematian kucing tersebut.

 

Selain itu, karena pembahasaan di sini adalah meng dan mirip dengan panggilan untuk memanggil kucing, maka kami pun merasa jika gambar di atas tidak terlalu #OOT banget.

 

 Arti Meng Bahasa Gaul

Arti meng bahasa gaul adalah bentuk imbuhan yang awalnya digunakan untuk kata kerja namun malah digunakan untuk kata sifat, hasilnya ini menjadi bahasa yang cukup unik namun juga membingungkan.

 

Meng sendiri biasanya dijadikan imbuhan di awal kata untuk kata kerja yang menandakan bahwa suatu kalimat merupakan kalimat yang aktif.

 

Misalnya saja kita ambil contoh kata antri di mana kata tersebut jika diberi imbuhan frefiks akan jadi mengantri (bisa bermakna sedang antri).

 

Di contoh lain, kita ambil kata “kendara” yang artinya adalah kontruksi untuk terbang atau benda yang dirancang untuk perjalanan (indikasi awalnya untuk pesawat udara).

 

Untuk kendara ini, biasanya ditambah lagi dengan imbuhan “I” di akhir kata dan huruf “k” di awal kata diganti dengan “meng”.

 

Jadi yang awalnya “kendara” berubah jadi “mengendarai”. Mengendarai sendiri memiliki arti yakni mengemudikan kendaraan atau pun naik kendaraan.

 

Dari contoh di atas, kata kemudi pun bisa diberi imbuhan “meng” yang mendeskripsikan sesuatu yang dikerjakan atau dilakukan yakni mengemudi.

 

Contoh Penggunaan Meng Bahasa Gaul

Jika di pembahasan sebelumnya kita terpaku pada “meng” yang digunakan dalam kondisi yang baku atau formal, maka sekarang kita berpindah ke kondisi yang tidak formal (bahasa gaul).

 

Sebelumnya kita bahas jika meng dalam bahasa baku itu digunakan untuk kata kerja yang menggambarkan suatu yang sedang terjadi atau yang dilakukan.

 

Sekarang dalam bahasa gaul, meng digunakan pada kata sifat. Contohnya saja yang familiar terdengar adalah kata “mengsedih”.

 

Mengsedih ini merupakan bentuk kata gaul yang menyatukan imbuhan untuk kata kerja atau kata benda ke kata sifat.

 

Intinya untuk kata sifat seperti sedih, maka secara formal tidak bisa menggunakan imbuhan meng dan biasanya menggunakan imbuhan ber.

 

Tapi bila kita lihat dari segi makna, sepertinya makna atau maksudnya masih bisa kita pahami.

 

Misal contoh kalimat interaksi seperti berikut:

A: Kasihan banget ya si Jono, kemarin motornya jatuh sama anak kecil.

B: Iya euy, mengsedih banget, mana baru dimodif.

 

Di sini, makna mengsedih ini bisa dimaknai jika kita ikut merasakan sedih atas musibah yang dialami oleh Jono.

 

Ya sebenarnya untuk lebih dipahaminya, kita bisa gunakan kalimat “iya euy, merasa sedih banget, mana baru dimodif”.

 

Tetapi mungkin karena ini kata gaul, maka penggunaan kata meng pada mengsedih juga bertujuan untuk menyingkat pengucapan atau penulisan.

 

Jadi bagaimana? Sampai sini apakah sudah paham? Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....