5 Perbedaan Velg Ring 17 dan 18, Kenali Dalam Artikel Ini !!!

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan velg ring 17 dan 18 pada sepeda motor.

 

Apakah kalian pernah mendengar velg dengan ukuran ring 17 dan 18 ??? Jika pernah dan masih awam seperti kami, tentu akan merasa bingung bukan akan perbedaan keduanya?

 

Atas dasar itulah, maka artikel ini kami tulis guna menjawab semua keragu-raguan mengenai perbedaan dua jenis velg tersebut.

 

Sebagai intro, kami akan berikan dulu informasi jika pada umumnya motor-motor zaman sekarang menggunakan velg berukuran 17 dan 14 untuk segmen motor metik (ada trend baru menggunakan velg dengan ring 12 untuk motor metik).

 

Sedangkan motor-motor sport di zaman dulu sebut saja seperti Tiger lawas, Megapro lawas, hingga Scorpio lawas biasanya menggunakan velg dengan ring 18.

 

Lalu, apa saja perbedaan velg ring 17 dan 18?

 

1. Perbedaan Ukuran

5 Perbedaan Velg Ring 17 dan 18, Kenali Dalam Artikel Ini !!!


Yang pertama adalah perbedaan ukuran, di mana 17 dan 18 pada ring velg biasa dinyatakan dalam satuan inchi.

 

Dalam hal ini, sudah jelas velg berukuran 18 inchi punya ukuran ring yang lebih besar dari velg yang berukuran 17 inchi.

 

2. Perbedaan Peruntukan

Biasanya velg dengan ring 18 inchi ini digunakan oleh motor-motor lawas seperti Tiger, Megapro, hingga Scorpio lama.

 

Namun velg dengan ring 18 inchi pun kadang dicari guna dipasangkan pada motor-motor modifikasian dengan konsep retro atau klasik.

 

Sedangkan velg berukuran 17 inchi pada ringnya cenderung lebih diperuntukan secara umum. Kini kebanyakan motor non matic menggunakan velg dengan ring berukuran 17 inchi.

 

3. Perbedaan Ketersediaan Ukuran Ban

Dengan menggunakan velg berukuran 17 inchi, relatif akan lebih mudah mengganti ukuran ban bahkan untuk ukuran modifikasinya.

 

Hal ini berbeda dengan ban berukuran 18 inchi yang cenderung lebih terbatas stock ukuran bannya.

 

Oleh karenanya, biasanya akan banyak yang menganjurkan untuk mengganti velg yang ringnya berukuran 18 inchi ke velg berukuran 17 inchi ketika kita sedang bermasalah dengan ban.

 

Meski memang pada beberapa kasus darurat, ban untuk ring 17 inchi bisa dipasangkan pada ring velg 18 inchi, namun tetap saja hasilnya tidak maksimal dan cenderung bisa membahayakan jika dipakai untuk harian.

 

4. Perbedaan Ketersediaan Lebar

Di pasaran, cukup susah untuk mencari ring velg berukuran 18 inchi yang lebarnya bervariatif. Pasalnya kembali seperti fakta di awal jika velg 17 inchi cenderung lebih banyak ketersediaannya.

 

Ketersediaan di sini bukan hanya soal aspek ketersediaan pada ban, tapi juga pada produk aftermarket yang mana lebar velgnya bervariatif mulai dari yang lebih kecil hingga yang lebih lebar.

 

5. Perbedaan Harga

Ini masih sangat relatif dan mungkin akan diragukan. Tetapi karena stock-nya yang cenderung terbatas, maka besar kemungkinan velg dengan ring 18 inchi cenderung lebih mahal bila dibandingkan dengan velg dengan ring 17 inchi.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....