Mobil Balap Kecil Yang Tidak Bertenda (TTS) Adalah?

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai mobil balap kecil yang tidak bertenda.

 

Pertanyaan mengenai mobil balap kecil yang tidak bertenda biasanya hadir pada suatu kuis atau pun TTS.

 

Mengenai TTS, ini adalah salah singkatan teka-teki silang. Meski ada kata silangnya, namun biasanya TTS diisi di kolom-kolom yang bersusun baik secara vertikal maupun horizontal.

 

TTS ini kerap dimainkan di waktu senggang dan baik untuk mengasah otak serta ilmu pengetahuan kita.

 

Namun sayangnya, terkadang pertanyaan dari TTS ini benar-benar mendalam dan menggunakan kalimat pertanyaan yang baku sehingga sukar untuk diurai oleh kita.

 

Well, kembali pada topik utama dalam pembahasan ini, kita coba isi mengenai mobil balap kecil yang tidak bertenda.

 

Mobil Balap Kecil Yang Tidak Bertenda TTS

Mobil Balap Kecil Yang Tidak Bertenda (TTS) Adalah?
Gokar listrik. Sumber: Tokopedia.com


Mobil balap kecil yang tidak bertenda adalah gokar atau sering ditulis juga sebagai gokart. Ini adalah sebuah mobil kecil yang kerap digunakan untuk balapan.

 

Dari pengalaman kami, gokar ini sering dirakit, termasuk ketika kami dulu mengenyam bangku sekolah SMK Teknik Kendaraan Ringan.

 

Kala itu, ada beberapa gokar yang dirakit di sekolah kami, di mana mesin yang digunakan oleh gokar tersebut merupakan mesin berkubikasi 150 cc dari Kawasaki Ninja 2 tak.

 

 

Selain untuk balapan, gokar juga kerap digunakan untuk sekedar berkendara  untuk melatih skill mengemudi.

 

Tentang Gokar, Mobil Mini Tidak Bertenda

Gokar atau kerap disebut gokart adalah mobil kecil tanpa atap beroda empat. Ini adalah mobil mini yang kerap digunakan untuk balapan baik formal atau pun hanya sekedar untuk hiburan.

 

Dilansir dari id.wikipedia.org, balapan gokar pada umumnya diterima sebagai bentuk yang paling ekonomis dari olahraga bermotor yang tersedia . Sebagai aktivitas waktu luang, dapat dilakukan oleh hampir siapa saja, dan sebagai olahraga bermotor, ia adalah salah satu olahraga yang diatur oleh FIA (di bawah CIK), yang memungkinkan bagi siapa pun yang berlisensi balap dari usia 8 tahun ke atas.

 

Balapan gokar sendiri biasanya dilakukan pada sirkuit kecil yang lebih mengutamakan skill mengemudi karena banyak tikungan berkelok-kelok.

 

Jenis Balapan Gokar

Masih dilansir dari id.wikipedia.org, format balapan mobil gokar biasanya adalah sebagai berikut:

1. Sprint

Sprint balap terjadi di sirkuit kart didedikasikan jalan kecil menyerupai kursus, dengan kiri dan kanan bergantian. Trek berkisar dari 1 / 4 mil (400 meter) untuk lebih dari 1 mil (1.600 meter) panjangnya.

2. Ketahanan

Lomba balap Ketahanan untuk periode panjang, dari 30 menit hingga 24 jam atau lebih, untuk satu atau lebih driver. Secara umum, konsistensi, reliabilitas, dan strategi pit adalah lebih penting daripada semua selain kecepatan.

3. Speedway

Balap Speedway terjadi pada aspal atau tanah liat trek oval yang biasanya antara 1 / 6 mil dan 1 / 4 mil lama. Tracks terutama terdiri dari dua Straights dan empat sudut kiri gilirannya, hanya sedikit rel yang simetris dan sering kali paralel dengan bentuk telur atau tri-oval.

 

Apakah Mobil Gokar Bisa Dipakai di Jalan Raya?

Ada pertanyaan yang mungkin menggangu kita, pertanyaan tersebut adalah apakah mobil gokar bisa dipakai di jalan raya?

 

Mobil gokar tidak bisa dipakai di jalan raya Indonesia karena alasan hukum. Pasalnya, gokar tidak memenuhi unsur teknis keselamatan berkendara.

 

Gokar biasanya bersuara bising karena menggunakan knalpot racing. Selain itu, gokar juga tidak dilengkapi dengan lampu-lampu hingga kaca spion.

 

Ditambah lagi, karena mobil ini tidak bertenda dan ukurannya kecil, maka rawan mengalami kecelakaan fatal ketika ada di jalan raya.

 

Oleh karenanya, biasanya penggunaan gokar ini dibatasi yakni hanya untuk balapan atau pun hanya untuk wahana hiburan saja.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....