Apakah Aki NMAX Bisa Di Cas ??? Temukan Jawabannya Di Sini !!!

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai apakah aki Nmax bisa di cas?

 

Sebelum lebih lanjut membahas, kami akan luruskan terlebih dahulu mengenai penulisan “ di cas” yang benar adalah “dicas” dan bukan “di cas”.

 

Aki pada motor matic seperti Nmax sangat penting perannya. Adapun fungsi aki atau accumulator adalah untuk menyimpan daya listrik serta mengalirkannya pada komponen-komponen yang membutuhkan.

 

Soal umur aki, setidaknya aki bisa bertahan minimal selama 2 tahun untuk pemakaian yang wajar.

 

Umurnya bisa lebih panjang lagi jika motor sering digunakan secara baik. Sebaliknya jika jarang digunakan atau memodifikasi sistem kelistrikan dengan tidak benar, maka umur aki bisa lebih pendek.

 

Sekarang timbul pertanyaan, bagaimana jika aki Nmax sudah tidak berfungsi, apakah bisa dicas?

 

Apakah Aki Nmax Bisa Di Cas?

Apakah Aki NMAX Bisa Di Cas ??? Temukan Jawabannya Di Sini !!!

Apakah aki Nmax bisa di cas? Jawabannya adalah bisa iya dan juga bisa tidak. Semua tergantung pada kondisi aki itu sendiri.

 

Aki Nmax 155 sendiri mengusung tipe MF atau maintenance free dari Yuasa YTZ7V. Aki jenis ini sendiri bisa dicas asalkan masih sehat.

 

Sehat dalam artian tidak drop hingga tidak kembung dan hanya sebatas kurang setrum (kurang daya listrik).

 

Untuk mengetesnya, kita tidak charge atau cas saja aki dari Nmax 155 dan lihat apakah daya listrik pada aki masih bisa disimpan dengan baik atau tidak.

 

Jika nantinya aki masih bisa bertahan selama beberapa minggu atau bulan dengan pemakaian normal, maka bisa dikatakan aki masih sehat.

 

Sedangkan jika sesudah dicas kemudian aki kembali tidak punya daya listrik (setrum), maka sudah dapat dipastikan jika aki sudah tidak bisa menyimpan daya listrik atau dalam kata lain sudah rusak dan harus diganti.

 

Terkadang aki yang tampilannya masih bagus dan tidak kembung pun sudah harus diganti, ini karena bagian sel atau cell aki sudah rusak karena berjamur.

 

Tips Memperpanjang Umur Aki Nmax 155

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar umur aki Nmax 155 bisa lebih panjang, yakni:

  • Selalu panaskan motor dan jangan biarkan motor tidak hidup selama berhari-hari. Ini bertujuan agar sistem pengisian aki tetap berjalan
  • Jangan memodifikasi sistem kelistrikan secara berlebihan seperti menambah lampu-lampu yang bisa membuat aki jadi mudah tekor
  • Segera cas aki jika aki sudah timbul gejala kurang setrum
  • Selalu gunakan fuse atau sekring yang spesifikasinya sesuai, ini agar terhindar dari kerusakan akibat hubungan arus pendek listrik pada motor
  • Cabut aki dari motor jika motor benar-benar tidak akan dinyalakan dalam jangka waktu lama (tetapi sebaiknya kita punya charger aki minimal yang portable untuk mengecas aki secara rutin agar isi aki tetap ada)

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....