4 Fungsi Asuransi Pengiriman Tokopedia, Ini Sob !!!

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai fungsi asuransi pengiriman Tokopedia.

             

               

Pernahkah membeli barang di Tokopedia? Terlebih barang atau produk otomotif yang terkadang harganya cukup mahal.

 

Pada beberapa kondisi, terkadang pembelian via marketplace online ini mengalami masalah seperti bermasalah di pengiriman.

 

Oleh karenanya, pihak marketplace biasanya sudah menyediakan jasa asuransi pengiriman yang terpisah dari jasa ekspedisi untuk melindungi barang konsumen pada saat pengiriman.

 

4 Fungsi Asuransi Pengiriman Tokopedia, Ini Sob !!!

Tentu saja bagi kita yang awam, pasti bingung dengan fungsi asuransi pengiriman Tokopedia ini. Dari pada bingung, berikut kami paparkan fungsi asuransi pengiriman Tokopedia:

1. Fungsi Jaminan Barang Hilang

Sudah beli barang mahal eh hilang saat dikirimkan? Dengan adanya asuransi pengiriman dari Tokopedia, barang yang hilang saat dalam pengiriman bisa dijaminkan oleh pihak asuransi.

 

Baik hilang sebagian atau pun seluruhnya, asuransi pengiriman Tokopedia menanggung hal tersebut.

 

Pihak asuransi pengiriman yang digandeng oleh Tokopedia adalah PT Asuransi Tokio Marine Indonesia melalui Tokopedia yang bekerjasama dengan PT Panasonic Insurance Service Indonesia.

 

Adapun asuransi yang satu ini bisa menanggung harga barang + ongkos kirim awal + ongkos return + ongkos re-shipment  maksimal Rp 100.000.000 per invoice.

 

2. Fungsi Jaminan Barang Rusak

Selain hilang, problem yang paling banyak dialami saat mengirimkan barang adalah barang yang rusak. Baik rusak sebagian atau pun keseluruhan, pihak asuransi pengiriman Tokopedia ini bisa menanggungnya.

 

FYI, di beberapa jasa ekspedisi, kami kerap menemukan tulisan yang intinya adalah asuransi dari jasa ekspedisi akan gugur jika pihak jasa ekspedisi menilai barang dipacking dengan kurang aman.

 

Well, tentu saja mengklaim asuransi dari jasa ekspedisi ini bisa lebih ribet terlebih jika barang dikemas dengan tidak aman.

 

Oleh karenanya sebaiknya packing barang secara aman agar memudahkan proses klaim asuransi, baik via jasa ekspedisi atau pun via Tokopedia.

 

3. Fungsi Jaminan Waktu Kirim

Jika kita menggunakan jasa ekspedisi dengan produk sehari sampai dan ternyata tidak sehari sampai serta kita menggunakan asuransi pengiriman dari Tokopedia, maka sebagian dana akan dikembalikan pada akun kita karena keterlambatan pengiriman ini.

 

Misal jasa pengiriman yang sehari sampai adalah Rp. 20.000, sedangkan yang reguler (3 hari sampai) adalah Rp. 10.000.

 

Jika kita pilih yang sehari sampai lalu paket datangnya selama 2 hari atau lebih, maka asuransi pengiriman akan mengembalikan kelebihan dana sebesar Rp. 10.000 karena paket dikirimkan tidak sesuai estimasinya.

 

Untuk kasus ini, kami pernah mengalaminya tetapi di Bukalapak dan tidak menggunakan asuransi pengiriman.

 

Meski tidak pakai asuransi pengiriman, namun pihak jasa ekspedisi tetap mengembalikan kelebihan dana karena paket dikirimkan tidak sesuai dengan waktu estimasinya.

 

4. Fungsi Jaminan Ongkos Retur

Yang keempat adalah fungsi jaminan ongkos retur, jika kita menggunakan asuransi pengiriman dari Tokopedia dan kebetulan barang tidak sesuai dan hendak diretur, maka asuransi pengiriman bisa menanggung biaya retur.

 

Biaya retur yang ditanggung adalah sebesar biaya ongkos kirim awal ketika penjual mengirim barang ke pembeli.

 

Atau bisa juga dengan penunjukan jasa ekspedisi pengiriman tertentu, sehingga nantinya paket yang hendak diretur akan dijemput jasa ekspedisi dan dikembalikan atau diretur pada penjual.

 

Jika ada anjuran untuk menggunakan jasa ekspedisi tertentu saat retur, maka kami sarankan gunakan jasa ekspedisi tersebut.

 

Dari pengalaman kami, jasa ekspedisi yang dipilih sesuai keinginan kita bisa membuat proses klaim biaya ongkir ke pihak asuransi pengiriman Tokopedia jadi lama.

 

Ini dialami langsung oleh kami, di mana proses klaim ongkir retur digantung sejak akhir bulan Februari 2022 (update: sudah masuk di saldo Tokopedia per tanggal 9 Maret 2022).

 

Meski kami menanggung ongkir retur yang lebih besar dari yang bisa diklaim, namun rupanya hal tersebut tetap membuat proses klaim tidak semudah yang diharapkan.

 

Jadi dari pada klaim biaya ongkir, lebih baik gunakan jasa ekspedisi yang sudah ditunjuk untuk mengurus retur paket kita (asli ieu mah serius pisan lur).

 

FYI, dari Tokopedia.com, disebutkan beberapa ketentuan dari klaim asuransi pengiriman yakni:

  • Asuransi Pengiriman tidak berlaku apabila penjual dan atau pembeli melakukan pengiriman dan atau pengembalian barang dengan beberapa resi terpisah untuk satu invoice.
  • Asuransi Pengiriman tidak berlaku apabila pengiriman awal barang menggunakan kurir instant/same day (sistem pick up Gojek dan Grab) yang dipesan secara pribadi/ manual dan tidak tercatat di sistem Tokopedia.
  • Asuransi Pengiriman tidak menjamin/tidak berlaku apabila keterangan produk pada invoice tidak sesuai dengan produk sebenarnya/produk aslinya.
  • Asuransi Pengiriman tidak berlaku untuk makanan, minuman, dan/atau obat-obatan yang tidak terdaftar dalam BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).
  • Asuransi pengiriman tidak berlaku jika sudah ada penggantian dari kurir, sehingga proses penggantian tidak dilakukan 2 kali.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....