Vario Proper Artinya Apa? Ini Penjelasannya !!!

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai Vario proper artinya adalah apa?

 

Vario, ini adalah salah satu motor metik yang banyak digandrungi di Indonesia. Sejauh ini, Vario sudah masuk di beberapa generasi.

 

Secara garis besar, generasi Vario ini dibagi dalam beberapa kelas misal kelas 110 cc, 125 cc, 150 cc, hingga 160 cc.

 

Ini baru masuk ke kelas generasi kubikasi mesin, belum termasuk pada jenis karbu dan juga jenis injeksi serta eSAF.

 

Motor Vario sendiri adalah motor berjenis matic yang dikeluarkan oleh Astra Honda Motor (AHM). Di mana bagi penggunanya, selain aliran babylook, Vario juga kerap dimodif dengan gaya proper.

 

Lalu, apa sih Vario proper itu?

 

Arti Vario Proper Adalah?

Vario proper artinya adalah Vario yang sudah dimodifikasi dengan aliran modifikasi proper. Aliran modifikasi proper sendiri adalah aliran modif yang mengedepankan aspek kelayakan atau fungsi dari motor itu sendiri.

 

Dalam pendefinisian lain, modif proper adalah modifikasi yang mengusung konsep kerapian motor, jadi modifikasi proper ini anti dengan penempatan aksesoris yang rancu.

 

Karena mengusung konsep kerapihan, fungsional, hingga kelayakan, maka biasanya modiifasi Vario proper ini terbilang simpel, minimalis, meski kadang jika ditotal, biaya modifikasi proper ini bisa tembus hingga puluhan hingga ratusan juta rupiah.

 

Lah, kok bisa? Ya tentu bisa, sebab modifikasi proper ini bisa berwujud pada pergantian part standar ke part aftermarket yang harganya lebih mahal (ujung-ujungnya bisa masuk ke kategori modifikasi hedon).

 

Ciri-Ciri Modifikasi Vario Proper

Vario Proper Artinya Apa? Ini Penjelasannya !!!
Visor HGP untuk Vario 160, cocok untuk modifikasi proper Vario. Sumber: astra-honda.com

Modifikasi Vario proper biasanya lebih condong ke:

  • Modifikasi yang tidak bertentangan dengan aturan berlalu lintas di Indonesia atau negara lain (jika tengah di luar negeri)
  • Tidak mencopot atau memasang part tertentu, lebih tepatnya adalah selalu mempertimbangkan aspek fungsi motor dan kelayakan berjalan
  • Mengedepankan kerapihan
  • Biasanya digunakan untuk harian, meski kadang dibuat untuk kontes

 

Adapun contoh dalam modifikasi proper pada Vario adalah sebagai berikut:

  • Mengganti ban standar ke ban aftermarket yang kualitasnya lebih bagus
  • Mengganti suspensi standar ke suspensi aftermarket yang kualitasnya lebih bagus
  • Mengganti beberapa bodi yang lebih elegan, misal dengan gunakan bodi karbon atau gunakan bodi dengan bentuk dan warna yang berbeda
  • Mengganti velg standar dengan velg yang lebih bagus
  • Dan lain sebagainya

 

Modifikasi proper sendiri untuk saat ini tengah banyak digandrungi, ini karena modifikasi ini cenderung masih nyaman untuk digunakan dan tidak terlalu kelihatan jauh berbeda dari bentuk asalnya.

 

Selain itu, modifikasi proper juga banyak digandrungi karena dinilai masih sangat wajar untuk digunakan dalam daily use atau untuk penggunaan harian.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....