Ukuran Diameter Piston Vario 160, Overbore !!!

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai ukuran diameter piston Vario 160.

 

Baru-baru ini Astra Honda Motor atau AHM meluncurkan Vario 160 yang didaulat untuk menggantikan eksistensi Vario 150.

 

Langkah ini serupa saat Astra Honda Motor juga meluncurkan PCX 160 untuk menggantikan PCX 150.

 

Vario 160 ini dapat dibilang sangat berbeda dengan Vario 150 baik itu dari aspek mesin, rangka, hingga desain bodi.

 

Oleh karenanya, tidak salah jika kita memeanggil Vario 160 sebagai All New Vario 160 karena memang ubahannya terbilang mayor dan tidak minor.

 

Nah dalam kesempatan kali ini, kami akan coba membahas mengenai ukuran diameter dari piston Vario 160.

 

Diameter Piston Vario 160

Ukuran Diameter Piston Vario 160, Overbore !!!


Ukuran diameter piston Vario 160 adalah sebesar 60 mm, sedangkan langkah pistonnya adalah sebesar 55,5 mm. Dengan kata lain, ukuran diameter piston Vario 160 lebih besar dari langkah pistonnya atau dikatakan sebagai overbore.

 

Kalkulasi dari diameter piston dan langkah piston dari Vario 160 sendiri menghasilkan kubikasi mesin sebesar 156,9 cc yang dibulatkan jadi 160.

 

Karakter Mesin Vario 160

Bicara soal karekater mesin dari Vario 160, kami tertarik membahasnya dari segi kontruksi mesinnya yakni 1 silinder dengan 4 klep SOHC dengan dapur pacu berbentuk overbore.

 

Overbore sendiri adalah kondisi di mana diameter piston lebih besar dari langkahnya. Biasanya kontruksi overbore pada mesin sendiri sering digunakan pada motor-motor sport seperti GSX R150 misalnya.

 

Mesin overbore biasanya jarang dipakai pada motor metik atau motor bebek, ini karena biasanya motor metik dan bebek perlu tarikan yang lebih nendang di putaran bawah.

 

Sedangkan mesin overbore punya karakter yakni lebih garang di putaran menengah ke atas dan kurang mengisi di putaran bawah.

 

Ini cukup menarik, di mana Vario 160 yang notabene merupakan motor metik justrul diberi kontruksi mesin overbore.

 

Apakah Vario 160 mengejar tarikan atas atau top speed? Bisa jadi, tetapi yang jelas karakter mesin ini tidak dapat sepenuhnya menggambarkan performa tarikan motor.

 

Ambil contoh adalah Yamaha Byson karbu yang mengusung mesin square atau antara ukuran diameter dan langkah pistonnya hampir sama yang biasanya punya karakter balance di putaran atas dan bawah.

 

Namun faktanya adalah Yamaha Byson karbu cenderung kurang berisi di putaran bawah ke menengah dan lebih “mendingan” di putaran atasnya.

 

Bisa jadi insinyur dari AHM merakit Vario 160 dengan resep rahasia di mana dapur pacu dibuat overbore agar tidak kelebihan di putaran bawahnya sehingga bisa balance di putaran bawah, menengah, hingga atas.

 

Tetapi kabar baik dari mesin overbore adalah kita bisa lebih maksimal dalam modifikasi motor untuk keperluan meraih kecepatan puncak.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....