Letak Nomor Rangka dan Nomor Mesin Kirana

Satupiston.com – Assalamu;alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai letak nomor rangka dan nomor mesin Kirana dari Honda.

 

Ketimbang Supra X, Supra Fit, hingga Revo, kami rasa Honda Kirana adalah salah satu motor yang kurang dikenal di jagat Indonesia.

 

Menariknya, Honda Kirana kurang dikenal kala Honda dan motor bebek saat itu tengah naik daun.

 

Padahal, Honda Kirana sendiri mengusung mesin yang cukup besar di eranya yakni sebesar 125 cc.

 

Honda Kirana sendiri di masanya menjadi tandem dari Honda Karisma, namun karena Kirana jadi versi murah dari Karisma, maka banyak yang kurang yakin dengan motor ini yang memang tidak memiliki fitur unggulan.

 

Bahkan, rem depan dan belakang dari motor Honda Kirana masih berjenis tromol.

 

Letak Nomor Rangka dan Mesin Honda Kirana

Bicara soal letak nomor rangka dan nomor mesin Kirana, nomor rangkanya ada di rumah komstir sebelah kiri, sedangkan nomor mesinnya ada di bagian bawah blok spul. Letak nomor rangka dan mesinnya sama dengan Honda Supra Fit.

 

Simak video letak nomor rangka dan mesin dari Supra Fit yang sama dengan Kirana di bawah ini:

 


Nomor Rangka Kirana

Nomor rangka dari Honda Kirana letaknya tertutup oleh bodi. Biasanya untuk melihat nomor rangkanya, kita harus membuka bodi bagian kiri atau bisa juga ditodong meski sedikit susah.

 

Nomor rangka sendiri merupakan kumpulan huruf dan angka yang dikombinasikan. Jadi kita harus cari kombinasi huruf dan angka di bagian sebelah kiri dari rangka kemudi (komstir).

 

Ilustrasi gambarnya adalah sebagai berikut:

 

Letak Nomor Rangka dan Nomor Mesin Kirana

Nomor Mesin Kirana

Untuk melihat nomor mesin dari Honda Kirana tidak sesusah seperti melihat nomor rangkanya. Sebab nomor mesin letaknya lebih terbuka, hanya saja ada di bagian bawah.

 

Kita tinggal ke perseneling atau pengoperan gigi motor yang ada di sebelah kiri, lalu intip bagian bawah blok spull atau blok mesin sebelah kiri.

 

Simak ilustrasi gambarnya seperti gambar di bawah ini.

 

Letak Nomor Rangka dan Nomor Mesin Kirana

Untuk lebih memastikan, silahkan samakan nomor rangka dan mesin yang terdapat di unit motor dengan nomor rangka dan mesin yang ada di STNK atau BPKB.

 

Pastikan kita menjaga letak nomor rangka dan mesin ini, sebab jika sampai hilang entah karena kropos atau tergurinda, maka efeknya adalah motor jadi bermasalah dari segi administrasi.

 

Ingat jika tiap lima tahun sekali kita harus cek fisik motor ke Samsat guna bayar pajak dan bayar TNKB atau pelat nomor baru.

 

Jadi jangan sampai kita lalai atau sengaja menghilangkan nomor rangka dan nomor mesin.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....