Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbarui Harus Digunakan Secara Ini

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui harus digunakan secara apa?

 

Sumber daya alam atau disingkat SDA adalah segala hasil alam yang tersedia dari alam. Lawan dari SDA adalah SDM atau Sumber Daya Manusia yakni sumber daya yang berasal dari manusia.

 

SDA menjadikan alam sebagai objek, sedangkan SDM menjadikan manusia sebagai objek. SDA dan SDM sendiri harus dikolaborasi dengan baik agar bumi tetap harmonis.

 

Sumber daya alam sendiri terbagi dalam dua kategori yakni yang dapat diperbaharui dan yang tidak dapat diperbaharui.

 

Sebagai manusia, tentu kita harus bisa memanajemen perilaku untuk mengeksploitasi alam, ini bertujuan agar tidak ada dampak buruk di kemudian hari.

 

Lalu back to the point, sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui harus digunakan secara apa?

 

Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbaharui Harus Digunakan Secara Bijak

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui harus digunakan secara hemat atau berhemat, tidak boleh boros atau berlebih-lebihan dalam menggunakan atau mengeksploitasinya.

 

Perilaku dalam mengontrol diri untuk bisa berhemat dan tidak boros akan Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbaharui merupakan salah satu tindakan yang bijak yang bisa menyelamatkan bumi dari efek rumah kaca dan kelangkaan bahan tambang di masa mendatang.

 

Karena Sumber Daya Alam (SDA) yang tidak dapat diperbaharui lambat laun akan punah di masa mendatang, maka langkah realistis untuk menggunakan SDA jenis ini adalah dengan berhemat dan menggunakan seperlunya.

 

Adapun cara lain untuk mengantisipasi kelangkaan atau kepunahan SDA di masa mendatang adalah dengan cara mencarai SDA alternatif (energi alternatif).

 

Sejauh ini, dunia telah berjibaku dalam mencari energi alternatif, ini bertujuan agar suatu saat umat manusia tidak mengalami krisis jika SDA yang tidak dapat diperbaharui tidak tersisa lagi di muka bumi.

 

Contoh nyata dari energi alternatif dari SDA yang tidak dapat diperbaharui adalah energi listrik untuk kendaraan bermotor.

 

Seperti yang kita ketahui, kendaraan bermotor saat ini secara umum menggunakan bahan bakar minyak yang merupakan salah satu jenis SDA yang tidak dapat diperbaharui.

 

Dengan menggunakan energi listrik, diharapkan ini bisa menghemat minyak bumi serta lebih ramah terhadap lingkungan karena minim polusi.

 

Contoh Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbaharui

Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbarui Harus Digunakan Secara Ini

Di bawah ini adalah contoh barang tambang dari sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui:

  • Bensin
  • Minyak tanah
  • Solar
  • Batu bara
  • Emas
  • Aspal

 

Apa Yang Akan Terjadi Jika SDA Tak Terbarukan Habis Sebelum Ada Energi Alternatifnya?

Ini adalah salah satu pertanyaan berbobot yang kerap dipikirkan oleh para pakar dan ilmuan. Yang terjadi jika SDA tak terbarukan atau yang tidak dapat diperbaharui habis sebelum ada energi alternatifnya adalah akan ada kekacuan dalam bidang ekonomi dan sosial secara bertahap.

 

Sebagai contoh kecil, ini sudah terwujud saat ada kelangkaan BBM di beberapa daerah di Indonesia. Di mana kala BBM langka, bisa membuat harga pangan menjadi naik.

 

Dalam jangka waktu yang lama, ketidakstabilan harga dapat membuat masyarakat bertindak di luar kenormalan.

 

Misalnya saja semakin banyak aksi kejahatan seperti pencurian, penjarahan, demo anarkis, dan lain sebagainya.

 

Dampak ekonomi dan sosial ini menjadi salah satu dampak yang dirasa akan paling terlihat jika barang seperti minyak bumi habis sebelum ada energi penggantinya.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....