Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbarui Jumlahnya ???

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai sumber daya alam yang tidak diperbarui.

 

Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berada di alam yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber daya/ sumber tenaga/ sumber energi.

 

Dalam ilmu sumber daya alam terkategori dalam 2 jenis yakni sumber daya alam yang dapat diperbarui (diperbaharui) serta sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

 

Lalu apa alasan dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui harus digunakan dengan sebijak mungkin? Simak sub bab di bawah ini untuk lebih jelasnya.

 

Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbaharui Jumlahnya ???

Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbarui Jumlahnya ???

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui jumlahnya terbatas atau tidak semelimpah sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

 

Karena tidak melimpah dan tidak ada regenerasi secepat SDA yang bisa diperbaharui, maka penggunaan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui harus dihemat.

 

Sebab lambat laun di kemudian hari, sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui akan langka atau habis.

 

Contoh Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbaharui

Beberapa contoh dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dan di esok hari bisa habis adalah sebagai berikut:

  • Bensin
  • Minyak tanah
  • Emas
  • Solar
  • Aspal
  • Batu bara
  • Gas LPG

 

Contoh Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui

Beberapa contoh dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah sebagai berikut:

  • Air
  • Tumbuhan
  • Hewan

 

Alasan Penggunaan Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbarui Dibatasi

Selain karena alasan jumlahnya yang tidak melimpah, alasan lain SDA yang tidak dapat diperbarui dibatasi penggunaannya adalah karena alasan polusi.

 

Sebut saja minyak tanah hingga batu bara yang kini penggunaannya dibatasi karena alasan kelangkaan hingga karena polusi yang dihasilkan relatif besar.

 

Meski secara ekonomi kedua bahan bakar tersebut masih memiliki nilai ekonomi, namun karena alasan emisi gas buang, kedua bahan bakar tersebut dibatasi penggunaannya.

 

Hanya industri tertentu saja yang sekarang masih dapat menggunakan minyak tanah serta batu bara. Itu pun ada regulasi yang ketat mengenai berapa persen penggunaannya.

 

Energi Alternatif

Para pakar sejauh ini terus berusaha berinovasi dan menciptakan energi alternatif yang jumlahnya lebih besar serta tentunya lebih go green atau ramah lingkungan.

 

Beberapa energi alternatif yang hingga kini mulai banyak digunakan adalah energi surya (cahaya matahari) hingga energi listrik.

 

Bahkan di beberapa puluh tahun ke depan, motor dan mobil berbahan bakar bensin dan solar akan dibatasi hingga distop produksinya.

 

Motor dan mobil listrik pun dari sekarang sudah mulai dipersiapkan untuk menunjang regulasi penghapusan produksi baru unit motor dan mobil bensin/ solar.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....