Portable Impact Wrench Digunakan Untuk Mengendorkan Ini !!!

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai kegunaan portable impact wernch yang digunakan untuk mengendorkan sesuatu.

 

Impact wrench kini tidak melulu punya bobot yang cukup berat, besar, serta perlu daya listrik yang besar.

 

Bahkan kini di pasaran, sudah banyak impact berbentuk compact yang punya torsi relatif lebih kecil dari torsi impact yang selama ini melekat di benak kita.

 

Bicara soal portable impact, kira-kira alat yang satu ini berfungsi untuk apa ya? Dari pada penasaran, mari kita bahas bersama di sub bab di bawah ini.

 

Kegunaan Portable Impact

Portable impact wrench digunakan untuk mengendorkan mur dan baut. Portable impact wrench sendiri terkategori sebagai power tools, yakni tool atau perkakas yang mengusung tenaga tambahan seperti tenaga listrik.

 

Poertabel impact wrench sendiri punya beberapa kelebihan yakni bentuknya yang relatif kecil dan biasanya diaktifkan dengan daya listrik berarus DC dari baterai.

 

Soal kegunaan, power tool yang satu ini berguna untuk menjadi alternatif dari kunci pas, kunci ring, hingga kunci sock yakni untuk membuka mur dan baut.

 

Meski pada beberapa kesempatan, sebenarnya kunci ini juga bisa membuka sekrup dengan kepala sekrup berbentuk hexagonal.

 

Ciri Portable Impact Wrench

Portable Impact Wrench Digunakan Untuk Mengendorkan Ini !!!
Sumber: tokopedia


Berikut kami sajikan beberapa ciri dari portable impact wrench, yakni:

  • Bentuk yang relatif kecil, mudah digenggam, dan mudah dibawa
  • Harga relatif lebih murah dari impact wrench yang besar
  • Torsi biasanya lebih kecil dan terbatas
  • Mata kunci terbatas pada ukuran tertentu (biasanya ukuran mata kuncinya kecil, misal untuk membuka kunci berukuran 14 mm ke bawah).
  • Menggunakan daya listrik DC, meski ada juga yang butuh daya listrik AC

 

Perbedaan Mur dan Baut

  • Baut sendiri memiliki nama lain yakni bolt yang mana memiliki kepala baut yang identik dengan hexagonal (meski ada bentuk lain), serta memiliki batang yang diberi ulir yang tidak meruncing.
  • Sedangkan mur memiliki nama lain sebagai nut yang mana mur ini jadi pasangan untuk baut dalam urusan mengencangkan atau mengikat. Mur ini memiliki bentuk hexagonal (meski ada bentuk lain) yang di tengahnya ada lubang berulir yang bertujuan agar dapat serasi dan terikat dengan baut.

 

Ngomong-ngomong, kunci impact ini terbatas yakni biasanya hanya bisa membuka baut dan mur dengan kepala minimal ada bentuk hexagonal-nya.

 

Meski sebenarnya kita juga bisa menggunakan mata kunci tertentu sehingga bisa juga membuka sekrup. Jadi bagaimana sob? Apakah sudah mengerti dengan materi kita kali ini?

 

Oke, artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x