Peralatan Yang Digunakan Untuk Mencenterkan Plat Kopling Yaitu Ini !!!

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai peralatan yang digunakan untuk mencenterkan plat kopling.

 

Plat kopling pada mobil dan motor memiliki perbedaan dimensi, bentuk, hingga objek itu sendiri.

 

Pada mobil, plat kopling ini bisa merujuk pada kampas kopling. Namun pada motor yang mengusung sistem kopling basah, plat kopling ini lebih condong ke plat gesek.

 

Pada mobil dan motor sendiri biasanya mengusung sistem kopling yang berbeda, di mana kopling motor adalah kopling basah, sedangkan kopling mobil adalah kopling kering.

 

Namun pada intinya, baik di motor atau di mobil, plat kopling ini harus sama-sama dipasang secara center dan tidak miring.

 

Peralatan Yang Digunakan Untuk Mencenterkan Plat Kopling

Peralatan yang digunakan untuk mencenterkan plat kopling yaitu center clutch atau clutch center. Alat ini sendiri termasuk ke kategori SST atau special service tool.

 

SST sendiri dapat didefinisikan sebagai tool atau alat spesial yang digunakan untuk melepas atau memasang dan menyetel sesuatu. Ini berbeda dengan tool yang lebih umum seperti kunci pas misalnya.

 

Bicara soal center clutch, di pasaran sendiri mungkin bentuk modelnya akan berbeda-beda. Namun dari pantauan kami, center clutch berbahan baku plastik ABS berkisar di harga 100 – 200 ribuan di marketplace online seperti Tokopedia hingga Shopee.

 

Cara Menggunakan Center Clutch

Peralatan Yang Digunakan Untuk Mencenterkan Plat Kopling Yaitu Ini !!!
Sumber: tokopedia

Center clutch dengan model seperti gambar di atas digunakan dengan cara dimasukan pada lubang tengah kampas kopling dan juga matahari kopling (clutch cover).

 

Setelah masuk, selanjutnya tekan kampas kopling dan mataharinya, lalu selanjutnya tinggal pasangkan ke roda gila.

 

Setelah terpasang yang ditandai dengan baut matahari kopling yang sudah terpasang semua, maka lepas center clutch atau clutch center ini.

 

SST yang dijual dipasaran ini pun diklaim mampu membuat plat kopling center tanpa harus dilakukan penyetelan lagi.

 

Efek Plat Kopling Tidak Center

Ada beberapa efek atau akibat dari plat kopling yang tidak center, yakni:

  • Terdengar bunyi kasar pada bagian kopling
  • Plat kopling dan covernya bisa lebih cepat aus
  • Kinerja kopling tidak maksimal karena tertekan dengan tidak merata

 

Sebaiknya, pasang plat kopling mobil dengan benar dan serahkan pekerjaan ini ke bengkel terpercaya jika kita belum ahli dalam memasang kopling.

 

Pada dasarnya, jika ada kesalahan dalam pemasangan kopling, maka imbasnya adalah bisa terjadi kerusakan yang lebih parah dari yang seharunya.

 

Selain itu, pertimbangkan juga faktor harus bongkar pasang mesin secara berulang jika ada komponen yang terpasang dengan tidak semestinya.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....