Penggunaan Kunci Impact Sebaiknya Dibatasi Karena Ini !!

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai alasan penggunaan kunci impact yang sebaiknya dibatasi.

 

Kunci impact adalah salah satu kunci berjenis power tool yang biasanya menggunakan tenaga listrik. Power tool sendiri adalah jenis perkakas yang menggunakan tenaga selain tenaga manual, misal menggunakan tenaga listrik dan lain sebagainya.

 

Kunci impact punya banyak kelebihan, misalnya saja kami paparkan di bawah ini:

  • Dapat menghemat tenaga manusia karena mengendorkan dan mengencangkan baut dan mur menggunakan tenaga listrik
  • Lebih cepat dalam membuka dan mengencengkan baut atau mur, karena putaran dari impact biasanya lebih konsisten ketimbang putaran kunci dari tangan manusia

 

Tentunya efektifitas dan efisiensi dari kunci impact di atas setidaknya dapat mengungguli kunci berjenis hand tool seperti kunci pas, ring, sock, dan lain sebagainya.

 

Tetapi di balik kelebihan yang menggiurkan di atas, rupanya kunci impact ini sebaiknya dibatasi penggunaannya. Ini tidak lain juga bertujuan agar baut dan mur bisa lebih awet.

 

Lalu, apa alasan sebenarnya dari pembatasan penggunaan kunci impact? Berikut pemaparannya:

 

Alasan Penggunaan Kunci Impact Sebaiknya Dibatasi

Penggunaan Kunci Impact Sebaiknya Dibatasi Karena Ini !!
Sumber: tokopedia


Penggunaan kunci impact sebaiknya dibatasi karena tidak diketahui momen pengencangannya. Momen sendiri adalah momen gaya atau lebih dikenal sebagai torsi.

 

Dalam membuka atau mengencangkan baut dan mur, perlu diketahui torsi atau momen dari baut atau mur tersebut.

 

Oleh karenanya, ada alat yang bernama kunci momen yang berfungsi untuk mengencangkan dan membuka baut sesuai dengan torsi yang telah ditetapkan.

 

Pada kunci impact, biasanya torsinya bervariatif cenderung dari spesifikasi dari kunci impact itu sendiri. Meski pada dasarnya tiap pabrikan sudah menyertakan spesifikasi torsi maksimum yang bisa dihasilkan, tetapi salah satu kelemahan dari kunci impact adalah torsinya yang cenderung tidak terkontrol.

 

Oleh karenanya, kunci impact sebaiknya dibatasi penggunaannya, terlebih dalam mengencangkan baut dan mur, sebab penggunaan torsi yang berlebihan pada saat pengencangan baut dan mur dapat menyebabkan baut dan mur menjadi rusak.

 

Kelemahan Kunci Impact

Nah di luar dari alasan di atas, berikut kami paparkan beberapa kelemahan dari kunci impact:

1. Penggunaannya Rumit Bagi Orang Awam

Sebenarnya kunci impact ini relatif lebih mudah digunakan ketimbang kunci hand tool. Mudah dalam artian tidak membebani tangan manusia.

 

Tetapi bagi yang baru pertama kali menggunakan kunci ini, jelas rasanya akan lebih mudah menggunakan kunci biasa saja seperti kunci pas, ring, dan lain sebagainya.

 

Perlu ada settingan pada kunci impact seperti menghubungkan daya listrik, menyetel arah putaran, menentukan mata kunci, dan lain sebagainya.

 

2. Harganya Relatif Mahal

Kelemahan selanjutnya adalah harganya yang relatif lebih mahal dari kunci biasa atau kunci hand tools. Ini sebenarnya wajar, sebab kunci impact bukan hanya menjual mata kunci, tetapi juga menjual mesin yang nantinya digunakan untuk memutarkan mata kunci.

 

3. Butuh Daya Listrik

Kelemahan lainnya adalah kunci impact ini butuh daya listrik, baik itu berjenis AC atau pun DC (sesuai jenis impact-nya).

 

Jika kunci hand tool bisa digunakan kapan saja asal kita masih punya tenaga, hal tersebut tidak berlaku untuk kunci impact.

 

Sebab kunci impact ini perlu daya listrik, jadi jika sedang mati lampu atau jauh dari sumber listrik, tentu kunci impact ini jadi tidak berfungsi.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....