Minor Overhaul Adalah? Major Overhaul Adalah?

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai minor overhaul adalah? Dan juga major overhaul adalah?

 

Overhaul adalah salah satu perbaikan pada kendaraan bermotor atau mesin secara umum yang kerap dilakukan pada situasi tertentu.

 

Biasanya, overhaul ini dilakukan secara berkala untuk mencegah kerusakan lebih besar. Atau juga dilakukan secara situasional karena ada kerusakan yang sifatnya tak terduga.

 

Yang berkala biasanya merujuk pada masa pakai atau pun jarak tempuh dari suatu mesin. Sedangkan yang situasional karena ada insiden tertentu seperti terendam banjir, tabrakan, dan lain sebagainya.

 

Lalu, apa sih minor overhaul dan major overhaul ini? Sekedar bocoran, minor overhaul dan major overhaul ini merupakan jeni-jenis dari overhaul.

 

Arti Overhaul

Minor Overhaul Adalah? Major Overhaul Adalah?

Overhaul bila diterjemahkan artinya adalah perombakan, perbaikan, atau pun pemeriksaan. Ini bisa ditafsirkan sebagai perbaikan pada suatu mesin atau pun pada kendaraan (tetapi biasanya berfokus ke mesinnya).

 

Overhaul ini seperti yang sudah disinggung sebelumnya dilakukan pada kondisi tertentu atau pun secara berkala.

 

Overhaul sendiri dibagi setidaknya dalam dua jenis yakni minor overhaul dan juga major overhaul.

 

Nah lebih lengkapnya, mari bahas di sub judul di bawah ini.

 

Arti Minor Overhaul

Minor overhaul adalah perombakan, pemeriksaan, atau perbaikan kecil pada mesin atau pada kendaraan bermotor.

 

Biasanya hanya beberapa komponen yang diperbaiki atau diperiksa dan tidak sampai membongkar mesin.

 

Biasanya minor overhaul ini dilakukan guna mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah pada komponen lain pada mesin.

 

Arti Major Overhaul

Major overhaul adalah perombakan, pemeriksaan, atau perbaikan besar pada mesin dan biasanya dilakukan dengan cara membongkar mesin.

 

Overhaul ini kerap juga disebut sebagai service besar atau pun turun mesin pada sepeda motor. Ini karena pada sepeda motor, untuk membongkar mesin perlu menurunkan mesin dari rangka.

 

Overhaul major biasanya dilakukan karena sudah nampak kerusakan yang fatal seperti mesin berasap, oli bocor, kerusakan pada rantai keteng, piston rusak, dan lain sebagainya.

 

Perbedaan Minor Overhaul dan Major Overhaul

Berikut beberapa perbedaan dari minor overhaul dan major overhaul:

1. Perbedaan Cakupan Perbaikan

Minor overhaul memperbaiki mesin tidak secara menyeluruh dan hanya beberapa komponen saja dan tentu tidak dengan bongkar mesin. Sedangkan major overhaul dilakukan secara menyeluruh dan membongkar mesin.

 

2. Perbedaan Penyebab Overhaul

Biasanya minor overhaul dilakukan karena ada kerusakan kecil atau kerusakan yang tidak harus membongkar mesin.

 

Sedangkan major overhaul dilakukan karena ada kerusakan yang besar atau fatal yang diharuskan adanya perbaikan atau pemeriksaan secara menyuluruh hingga harus bongkar mesin.

 

3. Perbedaan Biaya Overhaul

Karena cakupannya kecil, minor overhaul biayanya tidak semahal major overhaul. Oleh karenanya jika sampai mesin rusak parah dan dilakukan major overhaul, maka kita harus rogoh kocek cukup dalam.

 

Kesimpulan

Minor overhaul adalah pemeriksaan, perbaikan, atau perombakan mesin secara kecil. Sedangkan major overhaul adalah perbaikan mesin secara menyeluruh atau bisa disebut sebagai service besar.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....